Wahyuningsih , Sri and Ria , Ariesta and Suryadi, Suryadi (2013) PENINGKATAN PENGUASAAN BAHASA INDONESIA TULIS DENGAN TEKNIK PEER-EDITOR PADA SISWA KELAS XB SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU PENINGKATAN PENGUASAAN BAHASA INDONESIA TULIS DENGAN TEKNIK PEER-EDITOR PADA SISWA KELAS XB SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, FKIP Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-sri-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (10MB) |
|
Text (Thesis)
I,II,III-1-13-sri-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (10MB) |
Abstract
Peningkatan Penguasaan Bahasa Indonesia Tulis dengan Teknik Peer-Editor pada Siswa Kelas XB SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, dengan Pembimbing Utama Dra. Ria Ariesta, M.Pd. dan Pembimbing Pendamping Drs. Suryadi, M.Hum.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penguasaan bahasa Indonesia tulis dengan menggunakan teknik peer-editor pada siswa kelas XB SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes menulis. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Kelas tindakan dilakukannya penelitian ini ialah kelas XB yang berjumlah 33 orang, yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan teknik peer-editor penguasaan bahasa Indonesia tulis siswa kelas XB SMA Negeri 3 Kota Bengkulu mengalami peningkatan. Peningkatan ini tampak dari hasil kerja siswa pada siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut berupa hasil kerja siswa dan aktivitas siswa dalam tindakan siklus I dan II. Nilai rerata dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,35%, yaitu dari 71,06% menjadi 76,41%. Persentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 29,74%, yaitu dari 51,51% pada siklus I menjadi 81,25% pada siklus II. Selain itu, peningkatan ini tampak dari proses belajar dan kegiatan siswa yang lebih aktif serta lebih bersemangat pada siklus II. Dengan demikian, pembelajaran menulis argumentasi dengan teknik peer-editor dapat meningkatkan perilaku positif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 16 Oct 2013 11:37 |
Last Modified: | 16 Oct 2013 11:37 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/926 |
Actions (login required)
View Item |