ANALISIS EFISIENSI DAN PEMASARAN USAHA PERIKANAN TANGKAP DI KECAMATAN ENGGANO KABUPATEN BENGKULU UTARA

Ilwanto, Ade and Nusril, Nusril and Cahyadinata, Indra (2014) ANALISIS EFISIENSI DAN PEMASARAN USAHA PERIKANAN TANGKAP DI KECAMATAN ENGGANO KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,II-14-ade-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ade-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan usaha perikanan tangkap di Bengkulu Utara khususnya di Kecamatan Enggano belumlah optimal. Hal ini dikarenakan belum digunakannya armada penangkapan ikan yang mampu menampung dan menangkap ikan dalam jumlah yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan yang diterima oleh usaha perikanan tangkap, Mengetahui faktor-faktor utama yang mempengaruhi besarnya pendapatan, mengetahui tingkat efisiensi hasil usaha perikanan tangkap, mengetahui saluran pemasaran dan besarnya margin pemasaran. Penentuan sampel responden dilakukan secara acak dengan jumlah sampel 41 orang. Sedangkan penentuan lembaga pemasaran untuk pedagang pengumpul dilakukan secara sengaja dengan jumlah 3 orang. Penelitian lokasi penelitian secara sengaja di Kecamatan Enggano Kabupaten Bengkulu Utara. Hasil penelitian menunjukkan pendapatan rata-rata usaha perikanan tangkap selama satu bulan (pada saat penelitian) untuk masing-masing jenis ikan yaitu ikan gebur,kakap dan campuran adalah Rp. 905.790, Rp.1.323.700 dan RP.657.155. Dari hasil pengujian hipotesa uji t menunjukkan lama melaut berpengaruh nyata pada taraf kepercayaan 95% terhadap pendapatan usaha perikanan tangkap. Efisiensi usaha dilakukan dengan membandingkan total penerimaan dengan total biaya, tingkat efisiensi usaha perikanan tangkap di Kecamatan Enggano efisien dan menguntungkan dengan R/C Ratio sebesar 4,9. Pedagang pengumpul I diperoleh total margin pemasaran ikan gebur sebesar Rp. 10.000/Kg keuntungan pemasaran Rp. 7.852/Kg. Ikan kakap sebesar Rp. 7500/Kg dengan keuntungan sebesarRp. 5.352/Kg. Dan Total margin pemasaran ikan campuran sebesar Rp.4500 dengan keuntungan sebesar Rp. 3.870/Kg. Pedagang pengumpul II total margin pemasaran ikan gebur sebesar Rp. 7.500,00/kg keuntungan Rp. 7.500,00/kg. Total margin pemasaran Ikan kakap sebesar Rp. 7.500/kg dengan keuntungan sebesar Rp.5.624/Kg, dan total margin pemasaran ikan campuran sebesar Rp. 5.500/kg dengan keuntungan sebesar Rp.4.977/Kg. Pedagang pengumpul III total margin pemasaran ikan gebur sebesar Rp. 10.000/kg dengan keuntungan Rp9.382/Kg, margin pemasaran Ikan kakap sebesar Rp.10.000/kg dengan keuntunganRp.8.288/Kg, dan total margin pemasaran ikan campuran sebesar Rp. 4.500/kg dengan keuntungan sebesar Rp. 3.882/Kg.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 04 Nov 2014 08:38
Last Modified: 09 Nov 2014 14:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9303

Actions (login required)

View Item View Item