PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (STUDI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SINDANG KELINGI KABUPATEN REJANG LEBONG)

Minarni , Yeni and Sapri, Johanes and Alexon, Alexon (2014) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (STUDI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SINDANG KELINGI KABUPATEN REJANG LEBONG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-yen.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-yen.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Matematika di kategorikan berhasil terhadap hasil belajar siswa juga ditentukan oleh berbagai faktor. Disamping pendekatan pembelajaran yang dapat dianggap penting adalah Gaya belajar siswa.lebih lanjut untuk memahami gaya belajar dapat diartikan bahwa Gaya belajar adalah cara yang cenderung digunakan oleh seseorang untuk menerima informasi dari lingkungan dan memproses informasi sebagai indikator bagaimana seorang pelajar merasakan, berinteraksi dan merespon lingkungan belajar mereka. Dalam setiap pembelajaran seorang guru sadar atau tidak telah membangun situasi persaingan diantara siswa. Bagi sebagian besar siswa dengan prestasi rendah, persaingan adalah motivator yang buruk bagi sebagian lainnya, ini bahkan dapat menjadi penderitaan psikologis yang menetap yang pada akhirnya mereka beranggapan bahwa matematika hanya mampu dikuasai oleh siswa-siswa tertentu saja dan mereka tidak termasuk di dalamnya. Gaya belajar dapat menentukan prestasi belajar siswa.Jika diberikan strategi yang sesuai dengan gaya belajarnya, siswa dapat berkembang dengan lebih baik.Gaya belajar otomatis tergantung dari orang yang belajar. Artinya, setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda,Oleh karena itu seorang guru harus mampu menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat sesuai dengan gaya belajar siswa sehingga dapat memudahkan serta dapat mengubah image siswa yang keliru terhadap matematika yang pada akhirnya menjadikan pelajaran mudah untuk dipahami oleh siswa serta menarik dan menyenangkan siswa sehingga hasil belajar siswa sesuai dengan harapan semua pihak. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan gaya visual dan auditori pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan menggunakan skala likert menetukan kelas interval dalam rancangan penilaian kategori atau kriteria yang dirancang untuk menetukan gaya belajar melibatkan 48 orang siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sindang Kelingi Rejang Lebong. Data gaya belajar diperoleh dengan instrumen angket gaya belajar dan data hasil belajar diperoleh dengan tes hasil belajar.Tes bertertulis berbentuk objektif dengan soal pilihan ganda. Penelitian ini dilaksanakan pada SMP Negeri 1 Sindang Kelingi Rejang Lebong dari tanggal 28 februari 2014 sampai dengan 28 maret 2014. Dengan metode quasi eksperimen faktorial 2 x 2 yang menggunakan tehnik ANAVA dua jalur.Sampel berjumlah 48 orang siswa terdiri dari 24 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 24 orang siswa kelompok kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih secara acak (random) Masing–masing kelompok terdiri dari 12 siswa bergaya belajar visual dan 12 siswa bergaya belajar auditori. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur uji t tidak dilanjutkan karena tidak ada pengaruh interaksi, berdasarkan analisis data dengan taraf signifikansi 95% didapatkan hasil pengujian hipotesis dengan analisis statistik anava dua jalur adalah sebagai berikut: 1. Perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning dan pendekatan ekspositori Hasil pengujian data penelitian, didapatkan hasil

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 05 Nov 2014 01:55
Last Modified: 09 Nov 2014 14:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9312

Actions (login required)

View Item View Item