IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROYEKBERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR (STUDI PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SINDANG BELITI ULUKAB. REJANG LEBONG)

Winarno, Winarno and Sapri, Johanes and Alexon, Alexon (2014) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROYEKBERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR (STUDI PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SINDANG BELITI ULUKAB. REJANG LEBONG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-win.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (646kB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP.II-14-win.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (795kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran proyek berbasis lingkungan sehingga dapat meningkatkan kerjasama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosialkelas VIII SMPN 1 Sindang Beliti Ulu Tahun Ajaran 2013/2014. (2). Untuk mendeskripsikanimplementasi Pembelajaran proyek berbasis lingkungan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosialkelas VIII SMPN 1 Sindang Beliti Ulu Tahun Ajaran 2013/2014. (3). Untuk mendeskripsikan efektifitas implementasi Pembelajaran proyek berbasis lingkungan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosialkelas VIII SMPN 1 Sindang Beliti Ulu Kabupaten Rejang Lebong bila dibandingkan dengan pembelajaran ekspositoris yang dilaksanakan guru selama ini. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Methods Research adalah Metode penelitian kombinasi adalah metode penelitian yang menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif. Oleh karena itu, untuk dapat melakukan penelitian dengan metode kombinasi (mixed methods). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Sindang Beliti Ulu beralamat di jalan Raya Desa Pengambang Kabupaten Rejang Lebong Tahun pelajaran 2013/ 2014 yang dibagi dalam kelompok- kelompok kelas PTK dan kuasi eksperimen dan kontrol, Kelas PTK adalah kelas VIII A yang berjumlah33 terdiri dari laki-laki 15 orang dan perempuan 18 orang,kelas VIII B berjumlah 33 orang,terdiri dari laki-laki 16 orang dan perempuan 17 orang serta kelas VIII C berjumlah 33 orang terdiri dari laki – laki 15 orang dan perempuan 18 orang. Dari hasil pengamatan atau observasi yang dilakukan oleh peneliti (observer) banyak memperoleh informasi atau data tentang implemtasi pembelajaran proyek berbasis lingkungan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan social kelas VIII SMPN 01 Sindang Beliti Ulu. Hasil observasi kerjasama siswa selama proses pembelajaran yang dilakukan oleh 2 orang pengamat dan hasil belajar siswa pada siklus satu, siklus dua dan siklus tiga nilai rata-rata persiklus kerjasama adalah siklus satu adalah 9,9 dengan kriteria sedang siklus dua adalah 15 dengan kriteria baik siklus tiga adalah 17,2 kriteria sangat baik. Sedangkan grafik hasil belajar siswa selama pelaksanaan proses belajar implemtasi pembelajaran proyek berbasis lingkungan nilai rata- rata.nilai rata-rata pada siklus satu adalah pretest 51,5 dan postest 76,2 siklus dua adalah pretest 63,3 postest 77,7 siklus tiga adalah pretest 67,7 dan postest 82,4 iv sedangkan nilai persentase klasikal adalan siklus satu pretest 12,2% dan postest 51,5% siklus dua adalah pretest 42,4 dan postest 84,8% siklus III adalah pretest 54,5% dan postest 93,9%. Sedang hasil belajar kuasi eksperomen postest adalah sebagai berikut jumlah siswa adalah 33 orang, nilai tertinggi adalah 95, nilai terendah adalah 65 siswa, yang tuntas adalah 26 siswa, yang tidak tuntas adalah 7 orang nilai rata-rata siswa adalah 77,2 nilai klasikal adalah 78,8%. Kontrol hasil belajar postest adalah sebagai berikut : jumlah siswa adalah 33 orang, nilai tertinggi adalah 95, nilai terendah adalah 65 siswa, yang tuntas adalah 20 siswa, yang tidak tuntas adalah 13 orang nilai rata-rata siswa adalah 71,4 nilai klasikal adalah 60,6%. Dari hasil perhitungan uji- t pada tingkat signifik 0,05 (tingkat kepercayaan 95%) yaitu ttabel df = N-2 adalah 1,684 sedang thitung 4.990, Sig(2-tailed) .000 mean 5.75758, Penelitian ini dilakuan kuasi eksperimen dengan penerapan pembelajaran proyek berbasis lingkungan sedangkan kelas kontrol menerapkan pembelajaran yang selama ini. Maka dapat di simpulkan ada perbedaan penerapan model pembelajaran proyek berbasis lingkungan bila di bandingkan dengan pembelajaran selama ini Implementasikan pembelajaran proyek berbasis lingkungan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sindang Beliti Ulu sesuai dengan sintaks : (1).Penyelidikan dan observasi (exploration),(2). Penyajian bahan baru (presentation) (3),Asimilasi/ Pengumpulan keterangan atau data. (4) ,Mengorganesasikan data (5),. Mengungkapkan kembali /recitation, (6).Penutup. Dengan penerapan pembelajaran proyek berbasis lingkungan dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sindang Beliti Ulu melalui proses perencanaan, pelaksanaan, observasi dan reflaksi terbukti hasil kerjasama siswa pada siklus satu rata – rata 9,9 kritria sedang siklus dua 15 kritria baik siklus tiga 17,2 kriteria sangat baik, sedangkan hasil belajar siklus satu rata – rata 76,2 siklus dua 77,7 siklus tiga 82,4 adalah peningkatan setiap siklus baik kerjasama siswa maupun hasil belajar Eftivitas Implementasikan pembelajaran proyek berbasis lingkungan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sindang Beliti Ulu. Hal ini diketahui dari hasil tes uji t-test ternyata bahwa Dari hasil perhitungan uji- t pada tingkat signifik 0,05 (tingkat kepercayaan 95%) yaitu ttabeldf = N-2 adalah 1,684 sedang thitung4.990, Sig(2-tailed) .000 mean 5.75758, Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaraan proyek berbasis lingkungan denga pelajaran selama ini

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 05 Nov 2014 02:10
Last Modified: 09 Nov 2014 14:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9314

Actions (login required)

View Item View Item