PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU (STUDI PADA SISWA SMPN 2 CURUP SELATAN KAB.REJANG LEBONG)

Ernety, Tri and Sapri, Johanes and Alexon, Alexon (2014) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU (STUDI PADA SISWA SMPN 2 CURUP SELATAN KAB.REJANG LEBONG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,II-14-tri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
Iv,V,LAMP,II-14-tri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran, hal yang sangat berperan dalam membantu siswa memahami dan memaknai proses pembelajaran yaitu ketepatan guru dalam menggunakan pendekatan yang sesuai dengan materi yang di ajarkan.pendekatan pembelajaran interaktif terbukti menjadi faktor yang dapat meningkatkan efektifitas proses pembelajaran. Pendekatan interaktif memiliki peran dan fungsi strategis yang secara langsung maupun tak langsung dapat mempengaruhi motivasi, minat, atensi dan sikap siswa dalam belajar sehingga memudahkan pemahaman mereka. Pendekatan interaktif merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran, yang juga merupakan salah satu komponen belajar yang di rancang oleh guru untuk memudahkan siswa dalam memahami suatu pelajaran.siswa dengan karakteristik atau sikap belajar yang beragam dapat lebih mudah memahami dan menangkap sebuah pelajaran apabila di bantu dengan penggunaan yang sesuai dengan sikap belajar yang dimilikinya. Hasil penelitian pada kelas VII A 10 siswa memiliki sikap belajar positif dan 10 siswa memiliki sikap belajar negatif sehingga siswa kelas ini siap untuk memberi perlakuaan dengan pendekatan pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian pada kelas VII B 10 siswa memiliki sikap belajar positif dan 10 siswa memiliki sikap belajar negatif sehingga siswa kelas ini siap untuk diberi perlakuaan pendekatan pembelajaran interaktif. Data Hasil Penelitian dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur dan uji T berdasarkan analisis dengan taraf signifikansi 95% didapatkan hasil penelitian. Pertama ada perbedaan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti interaktif dan pendekatan ekspositori, kedua tidak ada pengaruh interaksi antara siswa pendekatan pembelajaran dan sikap belajar terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa, ketiga ada pengaruh interaksi penggunaan pendekatan interaktif dan sikap belajar terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa, Keempat,ada perbedaan hasil belajar IPA Terpadu antara siswa yang sikap belajar negatif mengikuti pendekatan interaktif dengan siswa yang bersikap negatif mengikuti pendekatan ekspositori. Kelima, ada perbedaan hasil belajar IPA Terpadu yang memiliki sikap belajar positif dan sikap negatif yang di ajarkan dengan pendekatan ekspositori, Keenam tidak ada ii perbedaan hasil belajar IPA Terpadu yang memiliki sikap positif dengan pendekatan interaktif dan sikap negatif yang diajarkan melalui pendekatan ekspositori. Ketujuh, tidak ada perbedaan hasil belajar IPA Terpadu siswa yang memiliki sikap belajar negatif yang diajarkan denga pendekatan interaktif dan hasil belajar IPA Terpadu yang memiliki sikap negatif yang diajarkan dengan pendekatan ekspositori, Kedelapan ada perbedaan hasil belajar IPA Terpadu siswa yang memiliki sikap belajar positif yang diajarkan denga pendekatan interaktif dan hasil belajar IPA Terpadu yang memiliki sikap negatif yang diajarkan dengan pendekatan eksposiori, Kesembilan ada perbedaan antara sikap belajar negatif penggunaan pendekatan interaktif dan sikap belajar positif dengan pendekatan ekspositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 05 Nov 2014 02:56
Last Modified: 09 Nov 2014 14:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9320

Actions (login required)

View Item View Item