PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA KIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (STUDI DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 09 CURUP)

Tasmini , Tasmini and Sahono, Bambang and Turdjai, Turdjai (2014) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA KIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (STUDI DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 09 CURUP). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-tas.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-tas.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model Problem Based Learning dengan bantuan media KIT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Curup. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode penelitian yang dilaksanakan dengan tahap-tahap penelitian yakni : 1) perencanaan (planning), 2. aksi atau tindakan (acting), 3. observasi (observing) dan 4) refleksi (reflecting). Lokasi penelitian di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Curup Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu pada tahun ajaran 2013/ 2014.Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2014 selama tiga bulan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dalam Kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Curup Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan Teknik pengumpulan data dalam tindakan penelitian kelas (PTK) ini menggunakan beberapa alat pengumpulan data antara lain: Observasi, dan Lembar Tes.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebanyak tiga siklus di Sekolah Dasar Negeri 09 Curup diketahui aktivitas belajar siswa di kelas mengalami peningkatan.. Penggunaan model Problem Based Learning dengan bantuan media KIT tidak hanya memperbaiki dan meningkatkan aktivitas belajar siswa tetapi juga meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran (hasil belajar siswa)..Model Problem Based Learning dengan bantuan media KIT lebih efektif .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 05 Nov 2014 03:53
Last Modified: 09 Nov 2014 14:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9325

Actions (login required)

View Item View Item