PENERAPAN METODA DEMONSTRASI BERBANTUAN ALAT PERAGA PETA MAGNETIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ( STUDI MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VI DI SDN 03 SINDANG DATARAN KABUPATEN REJANG LEBONG )

Subandi, Subandi and Sahono, Bambang and Turdjai, Turdjai (2014) PENERAPAN METODA DEMONSTRASI BERBANTUAN ALAT PERAGA PETA MAGNETIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ( STUDI MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VI DI SDN 03 SINDANG DATARAN KABUPATEN REJANG LEBONG ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sub.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sub.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Proses belajar mengajar yang berkembang di kelas umumnya ditentukan oleh peran guru dan siswa sebagai individu-individu yang terlibat langsung di dalam proses tersebut. Proses pengajaran yang baik adalah yang dapat menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dengan adanya komunikasi dua arah antara guru dan siswa.Prestasi belajar siswa itu sendiri banyak tergantung pada cara guru menyampaikan pelajaran pada anak didiknya. Oleh karena itu kemamapuan dan kesiapan guru memegang peranan penting bagi keberhasilan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh pembelajaran dengan berbantuan Alat peraga magnetis dalam meningkatkan aktivitas pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.2) Mengetahui pengaruh pembelajaran dengan berbantuan Alat peraga magnetis dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.3) efektivitas penerapan metoda demonstrasi berbantuan alat peraga magnetis pada pelajaran IPS kelas Vi di SDN 03 sindang dataran. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan dalam 3 siklus tiap siklus dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Subyek peneltian ini adalah siswa kelas VI SDN 03 Sindang Dataran Kab. Rejang Lebong sebanyak 20 siswa. Dalam pelaksanaan ini, peneliti berkolaborasi dengan teman sejawat sebagai pengampu pelajaran dan pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pengaruh penerapan metoda demonstrasi dengan berbantuan Alat peraga magnetis dalam meningkatkan aktivitas pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, dan dapat diaplikasikan pada mata pelajaran yang lainnya.2) Pengaruh pembelajaran dengan berbantuan Alat peraga magnetis dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yakni berdasarkan siklus 1 rata-rata belajar sebesar 61,75 dan siklus II 71,25 dan siklus III sebesar 77.5 Terjadi perubahan hasil belajar siswa dengan menggunakan uji test, pada siklus I yaitu 6,263 lebih besar daripada t table 2,086 dengan demikian ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum tindakan. Pada siklus II hasil t tes sebesar 3,745 dan pada siklus III t hitung diperoleh 2,960 lebih besar daripada t table 2,086 yang berarti ada perubahan yang signifikan antara hasil belajar siklus I dan siklus II, dan siklus Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru harus memperhatikan hal-hal 1) Dalam pelaksanaannya guru konsisten denga RPP dan skenario pembelajaran 2) Menerapkan metoda demonstrasi pembelajaran yang optimal 3)Melakukan penguasaan kelas dengan baik 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran bebantuan Alat peraga magnetis adalah siswa : memiliki kemampuan, semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi, rasa senang dan ketertarikan dengan berbantuan alat peraga magnit praktis, kemampuan siswa untuk menyimak cukup tinggi, kerja sama yang baik antara guru, pengamat dan peneliti. Kemudian yang menjadi faktor penghambat dari pelaksanaan penerapan demonstrasi berbantuan alat peraga magnetis dianataranya : guru belum sepenuhnya menjadikan RPP sebagai acuhan dalam menimplementasikan pembelajaran dengan berbantuan media, guru secara penuh belum meningalkan gaya lamanya dalam pelajaran, alat peraga yang dipakai belum sepenuhnya bermanfaat sebagai penunjang pelajaran , karena masih merupakan karya inovasi sendiri peneliti, pengelolaan kelas sangat belum optimal sehingga menimbulkan kegaduan pada anak siswa terutama saat diskusi Dari kesimpulan tersebut membawa implikasi sebagai berikut : dengan pembelajaran berbantuan alat peraga magnetis dapat meningkatkan suasana belajar kondusif dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan menggunakan metoda dan media yang tepat.guru tidak hanya dituntut kemampuan dalam menguasai materi, perangkat pembelajaran tetapi diharuskan mampu menerapkan metoda , media untuk memperoleh hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 05 Nov 2014 04:31
Last Modified: 09 Nov 2014 13:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9328

Actions (login required)

View Item View Item