PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI PAUD SEMARAK SANGGAR, ARGA MAKMUR )

Putri , Filta Rosi and Riyanto, Riyanto and Nina , Kurniah (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI PAUD SEMARAK SANGGAR, ARGA MAKMUR ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ros.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ros.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Hal ini merupakan perwujudan dari yang telah diamanatkan oleh UUD 1945, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Adapun tujuan PAUD yang ingin dicapai adalah untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman orang tua dan guru serta pihak-pihak yang terkait dengan pendidikan dan perkembangan anak usia dini. Yang menjadi permasalahan saat ini tidak hanya pada aspek peningkatan secara kuantitas PAUD, tetapi yang lebih penting adalah peningkatan kualitas bagaimana upaya mengembangkan kecerdasan anak usia dinisecara optimal. Anak usia dini mempunyai potensi Multiple Intellegences (kecerdasan majemuk) yang dikembangkan sesuai dengan kemampuannya. Dalam penelitian ini dibatasi pada pengembangan kecerdeasan Linguistik, kecerdasan matematis-logis, kecerdasan naturalis. Sebagaimana pengamatan yang telah dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014, menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran Sains yang dilakukan di Paud Semarak Sanggar tersebut belum maksimal, hal ini terlihat dari penggunaan media yang sangat terbatas, menggunakan metode yang tradisional, pembelajaran yang berpusat pada guru. Sehingga seringkali kegiatan Sains yang dilakukan membosankan bagi anak-anak, dampaknya pada anak-anak adalah kurang terampil dalam pembelajaran sains. Oleh karena itu pendidik perlu mengembangkan media pembelajaran agar kegiatan sains lebih optimal dan sekaligus kemampuan kognitif anak bisa meningkat. Sementara para pendidik itu sendiri belum mengembangkan media dalam pembelajaran sebagaimana mestinya, oleh karena itu perlu ditingkatkan lagi bagaimana membuat media yang bervariasi untuk mengembangkan kegiatan sains yang sesuai dengan tahap usia perkembangan anak usia dini. Yang menjadi permasalahan adalah “strategi pembelajaran yang bagaimanakah yang efektif untuki anak usia dini yang dapat mengembangkan kecerdasan matematika-logis, linguistik dan kecerdasan naturalis”. Oleh karena itu penelitian ini memilih dan membatasi diri pada pengembangan pembelajaran sains melalui metode eksperimen untuk meningkatkan kognitif pada AUD. Penelitian ini bertujan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia dini; (2) Keefektifan penggunaaan metode iii eksperimen dalam pembelajaran sains pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Resecarch) yaitu penelitian tindakan (PTK) dan desain quasi eksperimen (eksperimen Semu. Pada pertemuan IV kemampuan kognitif anak berkembang sangat baik dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 85.29%. (2) Adanya perbedaan kemampuan kognitif antara anak yang diajarkan dengan metode konvensional dengan anak yang diajarkan dengan menggunakan metode eksperimen. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji T-test dengan bantuan SPSS 16 diketahui bahwa nilai sig (2_tailed) untuk kemampuan kognitif pada pembelajaran sains adalah 0.02<0.05 sehingga metode eksperimen efektif meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini pada pembelajaran sains. Saran penulis dalam penelitian in kepada lembaga dan pendidik PAUD Semarak Sanggar, Arga Makmur yaitu: (1) Untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, guru harus mengetahui strategi pembelajaran yang sesuai dengan tema. Jika metode pembelajaran masih menggunakan metode konvensional dan monoton, maka sebaiknya guru mencari-cari referensi metode yang sesuai untuk kegiatan pembelajaran. (2) Dalam merangsang kreativitas dan kecerdasan anak, sebaiknya tidak terpaku pada mainan yang sudah jadi, tetapi dapat digunakan barang yang tidak terpakai yang nantinya anak akan dilatih untuk menciptakan sebuah karya. (3) Disarankan untuk menyediakan waktu khusus yang lebih banyak bagi anak untuk bermain dan berkreasi dan bagi guru/pendidik bisa lebih kreatif dalam memilih metode untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif anak. Gunakan metode- metode sederhana tapi menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 05 Nov 2014 08:15
Last Modified: 09 Nov 2014 13:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9341

Actions (login required)

View Item View Item