Stoicynen, Rob and Johanes, Sapri and Alexon, Alexon (2014) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MEMBUAT HIASAN PADABUSANA DENGAN SOFTWARE CORELDRAW UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI PADA KELAS XI BUSANA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-rob.FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-rob.FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan upaya manusia untuk memperluas cakrawala pengetahuan dalam rangka membentuk nilai, sikap dan perilaku. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, bukanlah suatu hal yang mudah dilaksanakan karena ada beberapa factor yang mempengaruhi yaitu pemahaman siswa dalam menguasai pokok bahasan yang diberikan dan guru harus memilki pengetahuan dan keterampilan untuk mengajar seperti pendekatan atau metode pembelajaran yang diberikan. Dengan demikian siswa diharapkan dapat meningkatkan keterlibatannya dalam kegiatan belajar mengajar dan tentunya dapat meningkatkan pemahamannya sendiri terhadap pokok bahasan. Penelitian mengenai Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Membuat Hiasan Pada Busana Dengan Software Coreldraw Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada kelas XI Busana di SMKN 3 Kota Bengkulu) ini dilandasi oleh cara belajar siswa yang kurang optimal karena metode belajar, media, minat dan interaksi antara guru dan siswa masih kurang baik yang berdampak pada nilai siswa yang tidak mencapai KKM. Dengan demikian perlu diterapkannya metode pembelajaran yang bisa meningkatkan kreativitas dan hasil belajar, yaitu dengan metode demonstrasi. Metode demontrasi adalah metode yang digunakan untuk memperlihatkan suatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan bahan pelajaran (Djamarah, 2000: 67). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam membuat hiasan pada busana dengan software coreldraw yang tepat sehingga dapat meningkatkan kreativitas siswa, 2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi pembelajaran dalam membuat hiasan pada busana dengan software coreldraw agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan 3) Untuk mengetahui efektifitas penerapan metode demonstrasi pembelajaran membuat hiasan pada busana dengan software coreldraw dalam meningkatkan hasil belajar bila dibandingkan dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan tipe Ekspoloratory sequential yang diawali dari peneltian tindakan kelas (PTK) dalam empat siklus sampai diperoleh metode yang sesuai, kemudian dari ii kelas PTK diujikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan cara mengikuti langkah-langkah demonstarsi dalam pembelajaran antara lain persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hal ini dapat di lihat pada perkembangan hasil belajar siswa pada setiap siklus pelaksanaan. Pada siklus 1 di peroleh hasil t hitung sebesar -10,636, pada siklus 2 diperoleh hasil t hitung sebesar -8,432, pada siklus 3 di peroleh hasil t hitung sebesar - 7,804 dan pada siklus 4 di peoleh hasil t hitung sebesar -5,812. Jika di bandingkan dengan t tabel pada dk 19 95% sebesar 1,792, maka dapat di lihat bahwa t hitung kurang dari t tabel, sehingga terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswaDiperoleh hasil bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa, dan metode demonstrasi dengan software coreldraw lebih efektif jika dibandingkan dengan metode ceramah. Hal ini dapat di lihat pada hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode demonstrasi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 8,25 jika di bandingkan dengan kelas yang menggunakan metode ceramah hanya memperoleh nilai rata-rata sebesar 5,65. . Metode demonstrasi dengan software coreldraw merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan kreativita ssiswa, dimana metode pembelajaran ini membutuhkan kesungguhan dari guru untuk mempersiapkannya, oleh karena itu guru harus mampu (1) menguasai sintak pembelajaran demonstrasi (2) mengelola kelas agar tetapefektif dan kondusif. Pada hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa penerapan metode demonstrasi secara efektif mampu memperbaiki kreativitas siswa dari aptis menjadi menyenangi pelajaran membuat hiasan pada busana sehingga berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode ceramah. Oleh karena itu harus dikemukan metode penerapan yang baku yang memungkinkan bisa diterapkan pada kelas atau sekolah lain. Penerapan metode demontrasi terbukti efektif dibandingkan dengan motode pembelajaran ceramah, akan tetapi faktor pendukung dan faktor penghambat memiliki pengaruh yang besar dalam pembelajaran seperti kemampuan guru, karakter siswa, ketersediaan sarana peralatan, lingkungan, polapikir, oleh karena itu sekolah harus mampunyai program-program pelatihan guru tentang software coreldraw, melengkapi sarana peralatan, kerjasama dengan stakeholder, sehingga keberadaan program itu memiliki pengaruh positif baik terhadap guru, siswa dan lingkungan sehingga berpengaruh positif pula pada kreativitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 023 Dody Sahdani |
Date Deposited: | 05 Nov 2014 08:31 |
Last Modified: | 09 Nov 2014 13:52 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9344 |
Actions (login required)
View Item |