ANALISIS KESTABILAN TRANSIEN MESIN DALAM MENENTUKAN WAKTU DAN SUDUT PEMUTUS KRITIS MENGGUNAKAN METODE KRITERIA SAMA LUAS DI PLTA MUSI UJAN MAS

Yogi , Trianto and Irnanda, Priyadi and Anizar , Indriani (2013) ANALISIS KESTABILAN TRANSIEN MESIN DALAM MENENTUKAN WAKTU DAN SUDUT PEMUTUS KRITIS MENGGUNAKAN METODE KRITERIA SAMA LUAS DI PLTA MUSI UJAN MAS. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1I-13-yog.FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1I-13-yog.FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Sistem tenaga yang ada sekarang tidak pernah lepas dari kemungkinan adanya gangguan, baik berupa gangguan kecil dan gangguan besar seperti gangguan hubung singkat di saluran maupun di pembangkit, kehilangan suatu unit pembangkit atau beban, kehilangan saluran. Gangguan yang terjadi pada sistem dapat menyebabkan ketidakstabilan sehingga mempengaruhi tingkat keandalan sistem, oleh karena itu studi terhadap berbagai kemungkinan gangguan yang dialami sistem memegang peranan penting dalam kestabilan sistem. Pada saat ini masalah mengenai ketidakstabilan dapat menimbulkan masalah dalam sistem jaringan. Kondisi sinkron ini bisa dilihat dari kurva dayanya yang mana generator harus tetap mampu mensuplai daya ke beban dengan jumlah yang sama seperti sebelum terjadi gangguan. Stabilitas transien didasarkan pada kondisi kestabilan ayunan pertama (first swing) dengan periode waktu penyelidikan pada detik pertama terjadi gangguan. Pada skripsi ini dilakukan perhitungan mengenai nilai besarnya sudut pemutus kritis dan waktu pemutus kritis dalam kestabilan transien mesin, dimana didapatkan hasilnya nilai sudut kerja awal 19 . 516°,sudut pemutus kritis 96 . 927°, sudut ayunan maksimum 160 . 484°, dan waktu pemutus kritis 0.22 detik. Sehingga semakin tinggi waktu pemutusannya, ayunan sudut rotor semakin tinggi, jika telah melewati batas waktu pemutusan kritisnya, maka sistem menjadi tidak stabil atau kehilangan keserempakkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 16 Oct 2013 12:16
Last Modified: 16 Oct 2013 12:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item