Nilawati, Nilawati and Alexon, Alexon and Nina , Kurniah (2014) PENERAPAN METODE PERMAINAN MENGGUNAKAN KOTAK PINTAR UNTUK MENINGKATAN KECERDASAN LINGUISTIK VERBAL PADA ANAK USIA DINI (STUDI PADA PAUD NEGERI PEMBINA 2 KOTA BENGKULU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nil.FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nil.FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Lembaga PAUD sebagai jenjang pendidikan pra sekolah merupakan tanggung jawab pengembangan kemampuan skolastik dari Sekolah Dasar ke Pendidikan Anak Usia Dini terjadi di mana-mana, baik secara terang- terangan maupun terselubung. Banyak Sekolah Dasar seringkali mengajukan persyaratan atau tes “membaca dan menulis”. Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar seperti ini sering pula dianggap sebagai lembaga pendidikan “berkualitas dan bonafide”.Peristiwa praktik pendidikan seperti itu mendorong lembaga pendidikan Anak Usia Dini maupun orang tua untuk mengajarkan kemampuan membaca dan menulis. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini secara umum yaitu “Bagaimana penerapan permainan kotak pintar dapat meningkatkan kecerdasan linguistikverbalpada PAUD Negeri Pembina 2 Kota Bengkulu”. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian Mixed MethodsResearch (metode penelitian campuran). tipe Exsploratory Sequential design. Tipe ini diawali dari penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam beberapa siklus yang dilanjutkan penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimen. Item Instrumen sebagai obyek yang dinilai terdiri dari: membaca(mengenal huruf alphabet, mengucapkan bunyi huruf dengan tepat, ii menyusun huruf menjadi suku kata, mengucapkan suku kata,mengucapkan kata, mengucapkan kalimat sederhana) dan menulis (menghubungkan titik- titik menjadi bentukhuruf, meniru bentuk huruf alphabet, menuliskan suku kata,menuliskan kata) dengan masing- masing item diberi nilai. Untuk menguji peningkatan kemampuan linguistik verbal dalam hal membaca dan menulis akan diambil 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas eksprimen dan kelas kontrol dengan masing-masing kelas sebanyak 12 orang anak sebagai responden dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan anak yang menggunakan kotak pintar dan tidak menggunakan kotak pintar. Metode yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas dan metode eksperimen dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian pada kelas Penelitian Tindakan Kelas sebelum menggunakan tindakan dengan nilai rata-rata sebesar 1,4 dan setelah menggunakan kotak pintar nilai rata-rata sebesar 2,5 ini berarti ada peningkatan sebesar 1,1 kemudian nilai kelas Penelitian Tindakan Kelas diuji dengan t tes dalam pembelajaran membaca diperoleh hasil sebesar 8,83 dan menulis 6,10 setelah dikonsultasi dengan t tabel sebesar 5 %dan 1% maka t hitunglebih besar dari t tabel hipotesa diterima, selanjut penelitian dilanjutkan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk menjawab permasalahan. Setelah diolah data hasil penelitian pada kelas kontrol dan kelas eksprimen dengan masing-masing kelas dipilih sebanyak 12 orang anak sebagai responden dan hasilnya untuk membaca sebesar2,93 untuk menulis sebesar 5,22 kemudian dikonsultasikan dengan t tabel dengan taraf signifikan sebesar 5% dan 1%maka disimpulkan bahwa t hitunglebih besar dari t tabel hipotesa diterima bahwa “Penerapan Metode PermainanMenggunakan Kotak Pintar dapat Meningkatkan KecerdasanLinguistikVerbalsecarasignifikan Pada Anak Usia Dini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 023 Dody Sahdani |
Date Deposited: | 06 Nov 2014 05:12 |
Last Modified: | 09 Nov 2014 13:31 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9379 |
Actions (login required)
View Item |