PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SDN 10 CURUP SELATAN

Rahayu, Murti and Bambang , Sahono and Turdjai, Turdjai (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SDN 10 CURUP SELATAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-mur.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-mur.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Untuk mendeskripsikan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and picture dapat meningkatkan kerjasama siswa kelas IV SD Negeri 10 Curup Selatan.Untuk mendeskripsikan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 10 Curup Selatan.Penelitian tindakan kelas (PTK) ini di laksanakan 3 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : (1) Perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan Tindakan (Action), (3) Observasi (Observation), (4) Refleksi (Reflektion).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 10 Curup Selatan, Siswa kelas IV berjumlah 35 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen yang dibutuhkan dalam penelitian ini ada 3:Lembar observasi,Lembar penilaian kerjasama siswa,Lembar tes.Adapun prosedur dalam menganalisis data kualitatif, hasil analisi pengamatan yang dilakukan oleh dua orang pengamatan untuk kerjasama siswa pada siklus 1 memperoleh skor 18 dengan kategori cukup, siklus 2 memperoleh skor 21,5 dengan kategori baik, siklus 3 memperoleh skor 34,5 dengan kategori baik,Hasil analisi pengamatan yang dilakukan oleh dua orang pengamatan untuk untuk hasil belajar siswa pada siklus 1 memperoleh nilai 66,30 dengan kategori cukup, siklus 2 memperoeh nilai 73,30 dengan kategori baik, siklus 3 memperoleh nilai 84,42 dengan kategori baik.Rekomodasi dari hasil penelitian ini adalah agar setiap guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang baik dan agar dapat melibatkan siswa secara aktif di dalam pembelajaran guna untuk meningkatkan ninat dan hasil belajar untuk menjadi lebih baik,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 06 Nov 2014 07:46
Last Modified: 09 Nov 2014 13:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9380

Actions (login required)

View Item View Item