PENERAPAN METODE LATIHAN (DRILL) DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI PAUD AL-HIJRAH KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Sagala, Hendri Trisno and Bambang , Sahono and Nina , Kurniah (2014) PENERAPAN METODE LATIHAN (DRILL) DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI PAUD AL-HIJRAH KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-mar.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-mar.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (478kB)

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai berusia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pada anak usia dini pembentukan karakter yang kuat sangatlah penting karena dasar anak bisa belajar membedakan mana yang baik dan yang buruk. Dimulainya pendidikan karakter pada usia dini diharapkan dapat membentuk insan yang berkarakter kuat dan cerdas sehingga mampu menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Disiplin, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Penerapan nilai-nilai karakter pada anak usia dini dalam pembelajaran dibutuhkan metode pembelajaran yang sesuai yaitu metode latihan (drill). Dengan menerapkan metode drill yang dilakukan secara berulang-lang pada pembelajaran anak dilatih untuk terbiasa berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujan untuk: (1) Mendeskripsikan penggunaan metode drill dapat mengembangkan perilaku kecintaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa pada Anak Usia Dini. (2) Mendeskripsikan penggunaan metode drill dapat mengembangkan perilaku disiplin pada Anak Usia Dini. (4) Mendeskripsikan penggunaan metode drill dapat mengembangkan perilaku tanggung jawab pada Anak Usia Dini. (5) Mendeskripsikan efektivitas penerapan pendidikan karakter melalui metode latihan (drill) dapat mengembangkan perilaku dalam pembelajaran anak usia dini di PAUD Al- Hijrah Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Resecarch) yaitu penelitian tindakan (PTK) dan desain quasi eksperimen (eksperimen Semu) tipe Nonequivalent Control Group Design dilakukan pada anak PAUD Al-Hijrah Kabupaten Bengkulu Tengah. Subyek penelitian adalah 20 anak kelompok B2. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) Penggunaan metode drill dalam pembelajaran untuk mengembangkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini di PAUD Al’Hijrah Kabupaten Bengkulu Tengah sudah sangat baik. Pada karakter religius ini anak sudah terbiasa: (a) mengucapkan salam. (b) mengucapkan doa; (c) mengucapkan kata-kata imtaq; (d) mengucapkan kata-kata santun. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil penelitian dengan adanya peningkatan nilai karakter religius pada siklus I dan siklus II, yaitu anak berada pada kategori sangat baik dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 80%. (2) Penggunaan metode drill dalam pembelajaran untuk mengembangkan perilaku disiplin pada anak usia dini di PAUD Al’Hijrah Kabupaten Bengkulu Tengah sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dengan perilaku anak sudah terbiasa: (a) mengantri (b) mengikuti aturan; (c) menggunakan benda sesuai fungsinya (d) tepat waktu. Begitu juga berdasarkan hasil observasi dengan adanya peningkatan nilai karakter disiplin pada siklus I dan siklus II, yaitu pada karakter disiplin anak berada pada kategori sangat baik dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 76.25%. (3) Penggunaan metode drill dalam pembelajaran untuk mengembangkan perilaku bertanggung jawab pada anak usia dini di PAUD Al’Hijrah Kabupaten Bengkulu Tengah sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dengan perilaku anak sudah terbiasa: (a) mengembalikan mainan yang telah digunakan ke tempatnya semula; (b) menjaga mainan/peralatan sekolah yang digunakan (c) merapikan peralatan yang digunakan; (d) bertanggung jawab saat melakukan kesalahan. Begitu juga dapat dilihat berdasarkan hasil observasi adanya peningkatan nilai karakter tanggung jawab pada siklus I dan siklus II, yaitu Pada karakter tanggung jawab anak berada pada kategori sangat baik dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 77.50%. (4) Berdasarkan hasil perhitungan uji T-test diketahui bahwa nilai sig (2_tailed) untuk nilai karakter religius, disiplin dan tanggung jawab masing-masing adalah 0.01, 0.01 dan 0.03, sehinggga sig (2_tailed)<0.05 maka Ho ditolak bahwa adanya perbedaan nilai karakter religius, disiplin dan bertanggung jawab pada kelas control dengan kemampuan anak yang diajarkan menggunakan metode eksperimen pada kelas eksperimen. Hal ini berarti bahwa metode drill efektif meningkatkan nilai karakter religius, disiplin dan bertanggung jawab pada anak usia dini. Saran penulis dalam penelitian in kepada lembaga dan pendidik PAUD Al’Hijrah Bengkulu Tengah yaitu: (1) untuk meningkatkan nilai karakter- karakter pada anak dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai; Dalam merangsang dan menanamkan nilai karakter pada anak, sebaiknya tidak terpaku pada pembelajaran yang monoton dan pasif tetapi anak sebaiknya dilakukan latihan terus-menerus sehingga anak terbiasa bersikap dan berperilaku yang baik Disarankan untuk menyediakan waktu khusus yang lebih banyak bagi anak untuk bermain dan berkreasi dan bagi guru/pendidik bisa lebih kreatif dalam memilih metode untuk meningkatkan karakter anak. Gunakan metode-metode sederhana tapi menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 07 Nov 2014 01:59
Last Modified: 09 Nov 2014 13:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9397

Actions (login required)

View Item View Item