PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ANALISIS DAN PEMAHAMAN SISWA (STUDI PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU)

Syahreza, Kristina and Johanes , Sapri and Alexon, Alexon (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ANALISIS DAN PEMAHAMAN SISWA (STUDI PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-kri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-kri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan pada bagian pendahuluan, untuk mengimplementasikan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, baik dalam keterampilan analisis siswa maupun hasil belajar siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Methods Research, yaitu metode penelitian campuran. Mixed Methods Research menggunakan elemen-elemen kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan eksperimen atau disebut kuasi eksperimen yaitu penelitian yang bersifat kolaboratif yang dilaksanakan dengan mengikuti prosedur penelitian berdasarkan pada prinsip Kemmis s dan Mc Toggar R (dalam Arikunto,2010:137) pada penelitian PTK, yang mencakup kegiatan perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection) atau evaluasi. Berdasarkan hasil dari observasi yang dilakukan oleh guru banyak diperoleh informasi atau data tentang model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video pada siklus pertama diperoleh rata-rata skor keterampilan analisis siswa sebesar 45 dengan kategori “cukup”. Hal ini masih perlu peningkatan berdasarkan rentang skala. Keterampilan siswa tergolong belum maksimal hal ini sesuai dengan yang ditulis oleh Winasanjaya (2011:249- 251) bahwa keberhasilan pembelajaran kelompok dalam upaya mengembangkan kesadaran berkelompok memerlukan periode waktu yang cukup panjang, dan hal ini tidak mungkin dapat dicapai hanya dengan satu kali atau sekali-sekali penerapan strategi ini. Sedangkan pada siklus kedua diperoleh rata-rata skor keterampilan analisis sebesar 81,5 dengan kategori “Baik”. Hal ini terlihat dari siswa sudah dapat merinci, menguraikan suatu masalah dan dapat menyimpulkan materi. Oleh karena itu maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil observasi siswa pada siklus kedua ini. Hasil belajar di kelas PTK pada siklus pertama diperoleh menggunakan tes evaluasi belajar yang di laksanakan setelah pelaksanaan pembelajaran untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang telah disampaikan guru menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video dan diperoleh rata-rata tes hasil belajar 68,90 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,21 persen. Sedangkan pada Siklus kedua hasil belajar rata-rata sebesar 76,89 persen dengan ketuntasan belajar klasikal 86,21 persen. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan maka hasil belajar pada siklus pertama diperoleh nilai Sig.(2-tailed) adalah (0,000) < α (0,05) dan siklus kedua diketahui bahwa nilai Sig.(2-tailed) adalah (0,000) < 0.05 maka kesimpulannya ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar siklus pertama dan siklus kedua, hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pad siklus kedua (data terlampir). Selanjutnya hasil analisis data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar. Lebih lanjut diperoleh rata-rata hasil belajar pada kuasi eksperimen ini adalah 76,78 dan rata-rata hasil pretes adalah 46,96, kemudian pada kelas kontrol diperoleh data rata-rata hasil pretes sebesar 47,75 sedangkan postes sebesar 57,93. Berdasarkan analisis Uji t pada kelas ekperimen diperoleh nilai Sig.(2-tailed) adalah (0,000) < α (0,05) sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pre-test dengan nilai rata-rata post-test atau terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada kelas ekperimen. Sedangkan analisis Uji t pada kelas kontrol diperoleh nilai Sig.(2- tailed) adalah (0,000) < α (0,05) sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pre-test dengan nilai rata-rata post-test atau terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada kelas kontrol. Lebih lanjut hasil uji t ( indenpenden sample t-test) untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kontekstual diperoleh nilai sig (2- tailed) adalah 0, 000 sehingga nilai sig (2-tailed) < 0, 05 jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata antara kelas Eksperimen dan kontrol atau terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video dengan model konvensional. Temuan penelitian berdasarkan hasil analisis data dan pengamatan atau observasi di atas, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar dan keterampilan analisis siswa pada kelas PTK. Hal ini berarti, bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan analisis siswa dalam proses pembelajaran PTK. Selanjutnya hasil analisis data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video dengan model konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil observasi maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video dapat digunakan secara efektif dalam pengajaran dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 07 Nov 2014 02:10
Last Modified: 09 Nov 2014 13:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9400

Actions (login required)

View Item View Item