PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII SMP DI KAB.REJANG LEBONG)

Komariah, Komariah and Johanes , Sapri and Alexon, Alexon (2014) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII SMP DI KAB.REJANG LEBONG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-kom.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-kom.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran biologi merupakan proses pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Dalam pembelajaran biologi siswa dituntut untuk memiliki sikap aktif, kreatif dan inovatif. Sikap pasif siswa dalam proses pembelajaran selama ini dan sistem pembelajaran yang monoton telah berdampak pada hasil belajar dan prestasi belajar siswa. Ketertarikan siswa terhadap multimedia dapat dijadikan guru sebagai dasar untuk merancang media pembelajaran yang menarik. Kerumitan bahan ajar yang akan disampaikan pada siswa dapat disederhanakan dengan bantuan multimedia pembelajaran dalam bentuk compact disc (CD) pembelajaran. Peran media sangat mendukung berbagai aktivitas dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan macromedia flash profesional 8 untuk media pembelajaran biologi di SMP terutama di Kabupaten Rejang Lebong masih sedikit sekali. Berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah di atas serta untuk memperjelas masalah maka dirumuskan sebagai berikut : (1) Bagaimana multimedia yang tepat yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi? (2) Bagaimana efektivitas multimedia hasil pengembangan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi? Rancangan penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Subyek penelitian ini adalah siswa dan guru SMP. Tempat dan waktu penelitian dilakukan di tiga tempat berdasarkan 3 tahapan pengambilan data, yaitu : (a) tahap uji coba produk (uji ahli) di FKIP Universitas Bengkulu yaitu di tempat tim ahli bertugas, yakni terdiri dari ahli pengembangan multimedia macromedia flash profesional 8 dan ahli pembelajaran biologi. Tahap uji coba produk (uji ahli) dilakukan selama 2 hari yaitu satu hari untuk uji ahli bidang macromedia flash dan satu hari lagi uji ahli bidang biologi, kemudian dua hari untuk revisi produk. Uji ahli menghasilkan validasi atas masukan-masukan dari tim ahli terhadap produk yang dikembangkan. Pelaksanaan pengambilan data dengan tim ahli ini dilakukan pada bulan Februari 2014; (b) tahap uji coba terbatas dan revisi produk di SMP sasaran yaitu di SMP sampel di SMPN 1 iv Curup Utara, dengan jumlah siswa 27 siswa, perbandingan antara jumlah komputer dengan siswa = 1 : 3, dibantu dengan LCD/infokus. Uji coba instrumen pengumpulan data dilakukan di SMPN 2 Curup Utara melibatkan 1 orang guru dan 26 orang siswa, selain sebagai sekolah uji coba instrumen juga sebagai sekolah uji coba produk sebelum memasuki uji coba sebenarnya dengan tujuan untuk mendapatkan masukan-masukan dan saran mengenai kekurangan yang masih terdapat pada produk media dan instrumen yang akan dipakai dalam uji coba sebenarnya. Sampel uji coba terbatas pada SMPN 1 Curup Utara dengan terlebih dahulu melatih penggunaan media tersebut pada gurunya lalu mengujicobakannya pada satu kelas dengan siswa sekitar 27 siswa. Selanjutnya masukan-masukan untuk perbaikan produk direvisi. Tahap uji coba terbatas dan revisi produk di SMPN 1 Curup Utara sasaran dilakukan selama 5 hari dengan rincian 3 hari uji coba dan 2 hari lagi revisi produk. Pelaksanaan pada tanggal 1, 3, 4 Maret 2014; (c) tahap uji coba lapangan dan produk akhir atau uji coba skala besar di 3 sekolah sasaran, yaitu : 1) SMPN 1 Curup; 2) SMPN 1 Curup Selatan, dan 3) SMPN 2 Bermani Ulu Raya. Ketiga SMP ini dipilih berdasarkan kategori SMP berakreditasi A yaitu SMPN 1 Curup, berakreditasi B yaitu SMPN 1 Curup Selatan dan berakreditasi C yaitu SMPN 1 Bermani Ulu Raya. Uji coba skala besar di SMP sampel sasaran dengan terlebih dahulu melatih gurunya terhadap hasil produk yang telah direvisi dengan kelompok siswa yang lebih banyak yaitu diujicobakan di 3 SMP dengan jumlah 20-34 siswa per kelasnya sehingga menghasilkan produk akhir yang sudah teruji dan diseminasikan. Tahap uji coba lapangan dan produk akhir di SMP sasaran selama 12 hari dengan rincian 9 hari uji coba dan 3 hari revisi produk. Metode penelitiannya adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari 3 komponen utama yaitu: model pengembangan, prosedur pengembangan dan uji coba produk. Selanjutnya ditambah dengan metode penelitian deskriptif untuk melihat kefektifan penggunaan media yang dikembangkan ini terhadap hasil belajar siswa untuk melihat kesignifikanan sebelum dan sesudah penggunaan media terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil yang didapat dari penelitian tentang pengembangan media pembelajaran biologi dengan macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP di Kabupaten Rejang Lebong, dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) media yang tepat yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi adalah media yang dibuat dengan menggunakan aplikasi macromedia flash 8 Media pembelajaran biologi ini menjadi alternatif media yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran biologi SMP; (2) media pembelajaran biologi dengan aplikasi macromedia flash 8 yang dikembangkan ini merupakan media alternative yang efektif sebagai media pembelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. v Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dari hasil perbandingan antara nilai pre- test dan post-test. Nilai post-test cenderung lebih tinggi dari nilai pre-test artinya ada peningkatan nilai hasil belajar siswa. Dari hasil uji-t, peningkatan hasil belajar yang sangat signifikan ditunjukkan dengan hasil uji-t pada taraf signifikan α=0,01maupun α=0,05 pada pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka direkomendasikan sebagai berikut: 1) Sekolah perlu mengusulkan pengadaan sarana pendukung pembelajaran biologi berbasis multimedia; 2) Sekolah harus mengusulkan pelatihan pembuatan dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis macromedia flash profesional 8; 3) Siswa agar memanfaatkan media pembelajaran berbasis macromedia flash profesional 8.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 07 Nov 2014 02:27
Last Modified: 09 Nov 2014 12:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9402

Actions (login required)

View Item View Item