MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK DAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERMAINAN TRADISIONAL “SUDA MANDA” (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI RA ASY-SYIFA KELOMPOK B2 GUNUNG SELAN ARGA MAKMUR BENGKULU UTARA)

Badriyah, Khorotul and Riyanto, Riyanto and Nina , Kurniah (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK DAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERMAINAN TRADISIONAL “SUDA MANDA” (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI RA ASY-SYIFA KELOMPOK B2 GUNUNG SELAN ARGA MAKMUR BENGKULU UTARA). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-kho.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (724kB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-kho.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik dan logika matematika anak.Subjek dari penelitian difokuskan pada kelompok B2 RA Asy-Syifa dengan eksperimen pada kelompok B1 RA Asy-Syifa. Objek penelitian ini adalah motorik dan logika matematika anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan teknik pengumpulan data dan pengamatan lembar observasi keaktifan anak analisis data deskripsi. Prosedur ini melibatkan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan tradisional Suda Manda meningkatkan kemampuan motorik dan logika matematika anak. Pada tahap percobaan, pengunaan metod bermain permainan tradisional Suda Manda lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 07 Nov 2014 02:48
Last Modified: 09 Nov 2014 12:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9405

Actions (login required)

View Item View Item