Rachayu, Imma and Johanes , Sapri and Riyanto, Riyanto (2014) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN SIKAP SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS XII SMA NEGERI PESISIR SELATAN MUKOMUKO. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-imm.FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-imm.FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan berperan sangat penting dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya. Peran pendidik yang profesional sangat diperlukan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang sesuai dengan UU RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, disebutkan bahwa jabatan guru sebagai pendidik merupakan jabatan profesional. Untuk mampu bersaing di forum nasional maupun internasional, profesional guru dituntut agar terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi. Di dalam mendidik maka diperlukan keterampilan khusus bagi guru untuk dapat menyampaikan materi atau membimbing siswa. Menurut UU No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 10 bahwa pengertian kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan dan prilaku yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh guru dan dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Namun fakta-fakta di lapangan yang mempengaruhi prestasi belajar di lapangan menunjukkan sistem pengelolaan pembelajaran yang belum dimanfaatkan secara maksimal, oleh karena itu masih banyak guru menggunakan cara-cara konvensional, seperti metode mengajar guru kurang bervariasi, motivasi bekerja guru rendah, budaya sekolah yang kurang disiplin, status sosial ekonomi yang mencolok, sarana dan media pembelajaran yang belum dimanfaatkan secara maksimal, guru kurang memanfaatkan sarana dan media pembelajaran yang ada, sikap siswa dan motivasi terhadap pelajaran kurang direspon khususnya pelajaran Bahasa Inggris. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, secara umum untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru dan sikap siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri Pesisir Selatan Mukomuko. Berdasarkan rumusan masalah secara umum di atas, maka peneliti memaparkan dalam rumusan masalah secara khusus, sebagai berikut: 1) apakah terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru Bahasa Inggris dengan prestasi belajar ?, 2) apakah terdapat hubungan yang signifikan antara sikap siswa tentang pelajaran Bahasa Inggris terhadap prestasi belajar ?, 3) apakah terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru dan sikap siswa dengan prestasi belajar di SMA Negeri Pesisir Selatan Mukomuko ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1) hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru Bahasa Inggris dengan prestasi belajar siswa kelas XII SMAN Pesisir Selatan Mukomuko, 2) hubungan antara sikap siswa dengan prestasi belajar kelas XII SMAN Pesisir Selatan Mukomuko ?, 3) hubungan secara bersama-sama antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru dan sikap siswa dengan prestasi belajar kelas XII SMAN Pesisir Selatan Mukomuko. Penelitian ini menggunakan metode korelasional untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa ada upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut. Hasil perhitungan statistik dasar pada variabel persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru (X1) dapat dibagi menjadi kisaran nilai tinggi sebanyak 26 orang responden sekitar 21,67%, kisaran nilai sedang sebanyak 73 orang responden sekitar 60,64% dan nilai rendah ada 21 orang responden sekitar 17,33%. Hasil perhitungan statistic dasar pada variabel sikap siswa (X2) menunjukkan bahwa interval 40-46 terdapat 9 orang responden mempunyai kisaran 3,33 % dan interval 61-67 terdapat 47 orang responden dengan kisaran 39,17 %., sedangkan interval 75-81 terdapat 6 orang responden dengan kisaran 5 %. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas dengan teknik Kolmogrov-Smirnov signifikansi untuk setiap kelompok adalah sebagai berikut: (1) persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru menunjukkan signifikansi normalitas sebesar 0,732 atau sign. p>0,05 sehingga diputuskan bahwa variabel tersebut memiliki distribusi data yang normal atau Ho diterima dan menolak Ha, uji ini diperkuat dengan menggunakan uji Chi kuadrat sebesar 7.89, selanjutnya nilai ini dibandingkan dengan nilai Chi kuadrat table dengan dk (derajat kebebasan) 6-1 = 5. Berdasarkan table chi kuadrat bahwa bila dk = 5 dan kesalahan yang ditetapkan 5 % maka nilai Fo table = 11, 070. Karena Fo hitung < Fotable, maka distribusi data nilai statistik 120 sampel tersebut dapat disimpulkan terdistribusi normal, (2) sikap siswa (X2) menunjukkan normalitas sebesar 1,213 atau sign. p>0,05 sehingga disimpulkan bahwa variabel tersebut memiliki distribusi data yang normal atau Ho diterima dan menolak Ha, uji ini diperkuat lagi dengan menggunakan metode Chi kuadrat hitung sebesar 10.76, dk=5 dan kesalahan yang ditetapkan 5 % maka harga Chi kuadrat tabel = 11, 070.artinya Fo hitung < Fo tabel maka distribusi data nilai statistik 120 sampel tersebut dapat disimpulkan bahwa berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan analisis regresi linear yang dilakukan melalui analisis statistic dengan menggunakan SPSS 18 for windows diperoleh persamaan regresi hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru (X1) dan sikap siswa (X2) dengan prestasi belajar (Y). Persamaan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 023 Dody Sahdani |
Date Deposited: | 07 Nov 2014 03:09 |
Last Modified: | 09 Nov 2014 10:47 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9411 |
Actions (login required)
View Item |