IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI KARAKTER DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN (STUDI PADA SISWA SDN 09 CURUP SELATAN KAB. REJANG LEBONG)

Harvian, Harvian and Johanes , Sapri and Alexon, Alexon (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI KARAKTER DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN (STUDI PADA SISWA SDN 09 CURUP SELATAN KAB. REJANG LEBONG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-har.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-har.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai karakter dan hasil belajar siswa. Observasi dalam penelitian digunakan sebagai acuan untuk merancang strategi pembelajaran, mulai siklus I sampai siklus III. Menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari kelas kontrol yaitu 33 dengan criteria kurang aktif, pada siklus I dengan skor 44 dengan criteria sedang atau cukup aktif, untuk siklus II skor 56 dengan criteria baik, siklus III skor 62 dengan criteria baik, sertapada kelas eksperimen dengan skor 63,5 pada kategori baik. Menunjukkan peningkatan nilai-nilai karakter bangsa dari kelas kontrol yaitu 15,7 dengan criteria kurang, pada siklus I dengan skor 16,4 dengan kurang, untuk siklus II skor 19 dengan criteria sedang atau cukup, siklus III skor 22,15 dengan criteria baik, serta kelas eksperimen dengan skor 22,5 pada kategori baik. Hasil belajar siswa ditinjau dari aspek pemahaman konsep pada pembelajaran melalui penerapan pembelajaran berbantu komputer. Maka akan terlihat hasil belajar konsep kedaulatan rakyat dalam system pemerintahan Indonesia siswa mengalami peningkatan di setiap siklusBerdasarkan data table 4.12 diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa aspek pemahaman konsep. Peningkatan itu yaitu pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 59,5; siklus I diperoleh nilai rata-rata 60 meningkat menjadi 71 pada siklus II dan meningkat kembali menjadi 82,5 pada siklus III, serta pada kelas eksperimen 81. Daya serap siswa yang diperoleh adalah sebesar 59,5% pada kelas kontrol, 60% pada siklus I meningkatkan menjadi 71% pada siklus II, meningkat kembali menjadi 82,5% dan 81% pada siklus III dan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa daya serap siswa selama pembelajaran melalui penerapan pembelajaran berbantu komputermengalami peningkatan pada setiap siklus. Dibawah ini merupakan grafik perkembangan daya serap siswa. Pada kelas kontrol hanya 7 dari 20 siswa yang mendapat nilai > 70, siklus I hanya 10 dari 20 siswa yang mendapatkan nilai > 70 atau sebesar 60% (belum tuntas), pada siklus II bertambah menjadi 17 siswa yang mendapatkan > 70 atau sebesar 85% (tuntas) sedangkan pada siklus III dan kelas ekperimen seluruh siswa yang mendapatkan nilai > 70 atau sebesar 100% (tuntas).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 07 Nov 2014 03:16
Last Modified: 09 Nov 2014 10:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9414

Actions (login required)

View Item View Item