PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANMENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII MTSN 2 KOTA BENGKULU

Heliyenti, Eva and Riyanto, Riyanto and Turdja’i, Turdja’i (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANMENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII MTSN 2 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-eva.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (491kB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-eva.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang dihadapi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Bengkulu, yaitu: 1) Kurangnya kemampuan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Inggris sehingga berpengaruh pada nilai yang mereka dapatkan. 2) Kurangnya kemampuan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Inggris sehingga mereka terkesan pasif dalam belajar bahasa Inggris. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti berusaha untuk melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran role play Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimakdan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Bengkulu” yang terdiri dari dua rumusan masalah yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan model role play dapat dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Bengkulu dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Kedua, Bagaimanakah penerapan model role play dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Bengkulu dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VIII A dengan 3 (tiga) siklus yang terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu : tahap 1) perencanaan. 2) Tahap Pelaksanaan. 3) tahap observasi. 4) tahap refleksi. Perbaikan terus dilakukan hingga didapatkan pola yang terbaik dalam penerapan model pembelajaran role play dalam mata pelajaran bahasa Inggris khususnya dalam kemampuan menyimak dan berbicara. Untuk mengetahui kefektifitasan dari model pembelajaran role play dalam kemampuan menyimak dan berbicara maka akan dibandingkan dengan Uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran role play yang tepat dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara siswa dalam bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari data-data yang menunjukkan perkembangan hasil belajar siswa. Berdasarkan prestasi hasil belajar rata-rata kelas prestasi siswa dalam kemampuannya menyimak mengalami kenaikan antar siklus I, II, dan III yaitu dari 6,9 menjadi 7,3 pada siklus kedua dan 8,3 pada siklus ketiga. Sementara ketuntasan klasikal pada siklus ke satu 24 % pada siklus ke dua menjadi 95 % dan 100 % pada siklus ke tiga. Berdasarkan prestasi hasil belajar rata-rata kelas prestasi siswa dalam kemampuannya berbicara mengalami kenaikan siklus I, II, III yaitu dari 6,8 menjadi 7,6 pada siklus kedua dan 8,5 pada siklus ketiga. Sementara ketuntasan klasikal pada siklus ke satu 38 % pada siklus ke dua menjadi 71 % dan 97% pada siklus ke tiga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 07 Nov 2014 03:23
Last Modified: 09 Nov 2014 10:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9417

Actions (login required)

View Item View Item