PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI PADA MATA PELAJARAN IPA SDN 03 CURUP TIMUR)

Amri, Edi and Johanes , Sapri and Alexon, Alexon (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI PADA MATA PELAJARAN IPA SDN 03 CURUP TIMUR). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-edi.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-edi.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran memegang peranan penting di dalam kehidupan, khususnya pendidikan. Melalui proses pembelajaran tidak hanya mengubah hasil belajar saja, tetapi juga dapat mengubah perilaku manusia menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dalam dunia pendidikan peran guru sangat penting. Untuk itu, selain harus memiliki kompetensi dalam bidang studi, guru juga seharusnya memahami hal pendukung lainnya, seperti misalnya model pembelajaran dan media pembelajaran. Pemilihan model dan media pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik peserta didik yang diajar sehingga pengetahuan yang disampaikan dapat benar-benar diterima oleh peserta didik. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan komputer menawarkan pembelajaran berkelompok yang dapat mengakitfkan siswa di dalam kelas. Model kooperatif tipe NHT berbantuan komputer ini sangat tepat digunakan karena mampu meningkatkan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa melalui kerja kelompok. Rumusan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan komputer yang tepat sehingga dapat meningkatkan kemampuan sosial siswa pada mata pelajaran IPA, (2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan komputer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, (3) Bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan model NHT yang dapat meningkatkan kemampuan sosial siswa pada mata pelajaran IPA, (2) penerapan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan, (3) efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat baik yang bersifat teoritis dan praktis, adapun manfaat secara teoritis adalah mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat menjadi acuan teori untuk kegiatan penelitian-penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan pembelajaran IPA. Serta menambah khasanah bagi dunia pendidikan. Sedangkan manfaat secara paktis, bagi guru, siswa dan sekolah. adapun bagi guru adalah dapat meningkatkan keterampilan sosial dalam melaksanakan pembelajaran IPA di sekolah dan mampu mengembangkan kegiatan pembelajaran yang ada pada kurikulum sekolah dasar pada umumnya pada mata pelajaran IPA pada khususnya. Sedangkan bagi siswa adalah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas pada saat pembelajaran IPA sehingga tercipta interaksi yang baik antara anggota kelas maupun terhadap guru dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA serta dengan media berbantuan komputer diharapkan dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa yang di tampilkan sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Dan manfaat praktis bagi sekolah, adalah dapat meningkatkan kerjasama antara guru dengan peserta didik dan dapat memberikan konstribusi yang baik dalam perbaikan pembelajaran, sehingga mutu sekolah dapat meningkat. Lokasi penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri 03 Curup Timur dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Alasan peneliti mengambil lokasi penelitian ini karena siswa Sekolah Dasar Negeri 03 Curup Timur kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan komputer dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan (3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Penerapan model pembelajaran tipe NHT berbantuan komputer untuk meningkatkan kemampuan sosial siswa pada mata pelajaran IPA diterapkan melalui sintak NHT, didapatkan hasil penelitian bahwa sebagian besar keterampilan sosial siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan komputer. Pada siklus I skor keterampilan sosial dengan kategori cukup, siklus II dengan kategori baik, dan siklus III dengan kategori amat baik, (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan komputer pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 03 Curup Timur dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada peningkatan tiap siklus, yang mana siklus I rata-rata nilai siswa 67 dengan ketuntasan belajar klasikal 56,7%, kemudian meningkat pada siklus II dengan rata- rata 76,7 dan ketuntasan belajar klasikal 73,3%. Pada siklus III hasil belajar siswa kembali meningkat, yaitu rata-rata nilai siswa 81 dengan ketuntasan belajar klasikal 83,3%, dan (3) Penerapan model kooperatif tipe NHT berbantuan komputer efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut dibuktikan dengan uji t, yang mana terhitung lebih besar dibandingkan dengan t table, yaitu 118,23 > 2,048 (H1 diterima). Artinya penerapan model kooperatif tipe NHT berbantuan komputer pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN03 Curup Timur dinyatakan efektif. Merujuk pada kesimpulan tersebut membawa impilkasi sebagai berikut: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan komputer, dirasakan sangat tepat dan efektif diterapkan pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 03 Curup Timur. Siswa antusias dengan pembelajaran dengan menggunakan media power point dan belajar dalam kelompok. Penggunaan power point dengan menggunakan gambar dan juga animasi sangat menarik perhatian siswa sehingga materi menjadi lebih mudah untuk dipelajari Hal ini berimbas pada meningkatnya keterampilan sosial siswa dan juga hasil belajarnya. Oleh sebab itu, bagi sekolah yang mampu untuk mengembangkan pembelajaran menggunakan komputer dapat mengoptimalkan jumlah komputer di laboratoriumnya agar tiap anak dapat mengoperasikan satu komputer untuk satu anak sehingga hasil belajarnya menjadi lebih optimal. Namun apabila sekolah hanya memiliki komputer yang terbatas, maka akan lebih baik jika guru benar-benar memanfaatkan penggunaan media tersebut dengan maksimal. Adapun saran penelitian ini adalah: Guru menyiapkan dengan maksimal media berbantuan komputer yang digunakan agar siswa fokus dengan pembelajaran, guru dengan jelas menyampaikan petunjuk proses pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT ini, dan guru memilih secara acak kelompok kerja siswa agar keterampilan sosial siswa berkembang secara merata dengan teman sekelasnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 07 Nov 2014 04:01
Last Modified: 07 Nov 2014 04:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9422

Actions (login required)

View Item View Item