PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN NON KEUANGAN DALAM INDEKS SRI-KEHATI

Herlin, Herlin and Saiful, Saiful and Husnaini , Husnaini (2014) PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN NON KEUANGAN DALAM INDEKS SRI-KEHATI. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-her-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-her-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Agency Theory menjelaskan konflik kepentingan antara principals dan agents. Principals dan agents sama-sama mempunyai kepentingan yang berbeda dalam perusahaan. Konflik kepentingan tersebut dapat diminimalkan dengan mekanisme Corporate Governance. Penerapan mekanisme yang tersistem dalam perusahaan diharapkan dapat memantau seluruh kebijakan yang diambil perusahaan dalam meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governance terhadap nilai perusahaan non keuangan. Mekanisme corporate governance dalam penelitian ini adalah mekanisme corporate governance internal meliputi dewan komisaris, dewan komisaris independen, komite audit dan komite audit dengan latar belakang akuntansi. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar du Bursa Efek Indonesia dan tercatat dalam indeks SRI-KEHATI periode pengamatan tahun 2010-2012 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling method dan perusahaan yang dijadikan sampel sebanyak 24 perusahaan non keuangan dengan total 72 observasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen dan komite audit belum mampu menjadi mekanisme corporate governance dalam meningkatkan nilai perusahaan sedangkan Persentase komite audit dengan latar belakang akuntansi mampu menjadi mekanisme corporate governance dalam meningkatkan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Akuntansi
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 10 Nov 2014 07:38
Last Modified: 10 Nov 2014 07:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9463

Actions (login required)

View Item View Item