PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE LATIHAN (DRILL) BERBANTUAN GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI ( PENELITIAN TINDAKAN DI KELOMPOK B2 PAUD AISYIYAH MUARA AMAN LEBONG)

Amalia , Dian and Riyanto, Riyanto and Nina , Kurniah (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE LATIHAN (DRILL) BERBANTUAN GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI ( PENELITIAN TINDAKAN DI KELOMPOK B2 PAUD AISYIYAH MUARA AMAN LEBONG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-dia.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-dia.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik halus anak melalui metode latihan berbantuan game edukatif, pada ada anak usia Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini dilakukan karena banyak anak dikelas yang belum berkembang pada kemampuan kognitif pada aspek mengenal lambang bilangan, konsep bilangan dan konsep warna serta belum terlatihnya gerakan motorik halus anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian anak kelompok B2 PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal Muara Aman Kabupaten Lebong tahun pelajaran 2013-2014, berjumlah 17 anak, yang terdiri dari 9 orang perempuan dan 8 orang laki–laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana tiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan, terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi dan lembar kerja anak. Analisis data yang digunakan adalah uji perbandingan t-test. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diketahui bahwa penerapan metode latihan berbantuan game edukatif dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik halus anak usia Taman Kanak–Kanak. Hal ini dapat dilihat dari hasil t-test yang menyatakan bahwa terdapat perbandingan rata-rata kemampuan yang signifikan antara siklus pertama dengan siklus kedua.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 10 Nov 2014 08:04
Last Modified: 10 Nov 2014 08:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9467

Actions (login required)

View Item View Item