ANALISIS HUBUNGAN TERHADAP POLIS ASURANSI JIWA UNIVERSITAS BENGKULU PROGRAM PASCASARJANA MEGISTER MANAJEMEN ANALISIS HUBUNGAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN POLIS ASURANSI JIWA DI KOTA BENGKULU

Sari, Resti Irmala and Darmansyah, Darmansyah and Sularsih, Anggarawati (2014) ANALISIS HUBUNGAN TERHADAP POLIS ASURANSI JIWA UNIVERSITAS BENGKULU PROGRAM PASCASARJANA MEGISTER MANAJEMEN ANALISIS HUBUNGAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN POLIS ASURANSI JIWA DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,I-14-res-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-res-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan industri asuransi di era sekarang telah tumbuh dengan pesatnya. Indonesia masih menjadi pasar potensial bagi industri asuransi untuk tumbuh dan erkembang.Rendahnya kepemilikan asuransi jiwa di Indonesia ini disebabkan oleh beberapa faktorsalah satunya kurangnya upaya oleh industri asuransi jiwa untuk mengedukasi pasar akan pentingnya asuransi jiwa.Produk asuransi adalah unsought goods, yaitu produk yang diketahuimanfaatnya tetapi tidak terpikirkan untuk dibeli.Keberhasilan perusahaan dalam menjual produk asuransi ditentukan oleh kemampuanperusahaan dalam menanamkan unsur kepercayaan pada prospek.Permasalahan yang diangkatpadapenelitianiniadalah (1) bagaimana tanggapan masyarakat terhadap pelaksanaan personal sellingoleh beberapa perusahaan asuransi jiwa di Kota Bengkulu (2) bagaimana keputusan pembelian polis asuransi jiwa di Kota Bengkuludan (3) bagaimana hubungan personal selling terhadap keputusan pembelian polis asuransi jiwa di Kota Bengkulu Tujuan yang hendakdicapaidaripenelitianiniadalah (1) menganalisis tanggapan masyarakat terhadap pelaksanaan personal selling beberapa perusahaan asuransi jiwa di Kota Bengkulu (2) menganalisis keputusan pembelian polis asuransi jiwa di Kota Bengkulu, dan (3) menganalisis hubungan personal selling terhadap keputusan pembelian polis asuransi jiwa di Kota Bengkulu. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sasaran penelitian adalah nasabah asuransi jiwa di Kota Bengkulu dengan populasi sebanyak 130 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif dengan alat analisis berupa ristribusifrekuensi, content analysis dan analisis korelasi produk person moment Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa : (1) tanggapan responden terhadap kegiatan personal selling perusahaan asuransi jiwa di Kota Bengkulu termasuk dalam kategori baik. Rata-rata masyarakat menyatakan sikap positif terhadap kegiatan personal selling yang dilakukan oleh tenaga penjual (2) tanggapan responden terhadap keputusan pembelian polis asuransi jiwa termasuk dalam kategori baik. Artinya rata-rata responden memiliki sikap positif dalam proses pengambilan keputusan pembelian polis asuransi jiwa. Masyarakat tidak serta merta membeli namun terlebih dahulu memperoleh informasi kemudian menganalisis dan membandingkan dengan masing-masing produkdan (3) Terdapat hubungan yang kuat dan searah antara kegiatan personal selling terhadap keputusan pembelian polis asuransi jiwa di Kota Bengkulu. Artinya pelaksanaan personal selling yang baik akanmeningkatkan tingkat keputusan pembelian asuransi jiwa di Kota Bengkulu, atau sebaliknya pelaksanaanpersonal sellingyang buruk, akan mengurangi tingkat keputusan pembelian asuransi jiwa di Kota Bengkulu. Berdasarkanhasilpenelitianmaka saran penelitiadalah : (1) Terkait dengan pelasanaan kegiatan personal selling, tenaga penjual perlu memiliki pemahaman dan pengetahuan yang luas mengenai produk yang ditawarkan. Selain itu performance tenaga penjual juga sangat menentukan persepi dan kepercayaan calon pelanggan, untuk itu diperlukannya pelatihan yang rutin dan berkesinambungan kepada para tenaga penjual di lapangan. Tenaga penjual merupakan ujung tombak keberhasilan kegiatan personal selling. (2) Terkaitdengankeputusan pembelian pada masyarakat umumnya tidak secara langsung pada saat yang bersamaan dengan kegiatan personal selling, oleh karena itu diperlukan tindak lanjut dan komunikasi yang baik kepada calon pelanggan. Tetap menjaga hubungan baik dan senantiasa memberikan informasi yang akurat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 11 Nov 2014 01:43
Last Modified: 11 Nov 2014 01:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9487

Actions (login required)

View Item View Item