STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DI KOTA LUBUKLINGGAU

Kurniawan, Ramadhani and Handoko , Hadiyanto and M. , Rusdi (2014) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL DI KOTA LUBUKLINGGAU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-rah.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (210kB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-rah.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (172kB)

Abstract

Di Indonesia, pasar tradisional masih merupakan wadah utama masyarakat dalam membeli suatu kebutuhan, karena dalam pasar inilah sesungguhnya perputaran ekonomi masyarakat terjadi. Pasar Tradisional juga merupakan wadah dalam penjualan produk-produk berskala ekonomi rakyat seperti : petani, nelayan, pengrajin dan Home Industry (industri rumah tangga). Dapat disimpulkan bahwa pasar tradisional memiliki peran yang besar terhadap masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup. Namun demikian pasar tradisional masih menghadapi berbagai persoalan dalam pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor internal (kekuatan, kelemahan ) dan eksternal (peluang,ancaman) yang mempengaruhi perkembangan pasar tradisional di Kota Lubuklinggau dan untuk mengetahui strategi yang sesuai dalam mengembangkan pasar tradisional di Kota Lubuklinggau. Penelitian ini berjudul” Strategi Pengembangan Pasar Tradisional di Kota Lubuklinggau”. Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk melukiskan atau menggambarkan keadaan yang ada dilapangan secara sistematis dengan fakta-fakta yang saling berhubungan serta bukan mencari kebenaran mutlak. Dengan pendekatan indukatif mengemukakan kenyataan-kenyataan nyata yang terdapat dalam data, menguraikan latar secara penuh dan dapat membuat keputusan dari fakta dilapangan. Jenis data yang digunakan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh melalui teknik observasi, survey, kuesioner dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka dan data penunjang lainnya seperti laporan hasil penelitian terkait, jurnal, bultin, browsing internet serta sumber-sumber lainnya. Pada penelitian ini model analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT, analisis SWOT adalah suatu cara menganalisis faktor internal yang terdiri dari kekuatan (strenght) dan kelemahan (weaknesses) dan faktor eksternal yang terdiri dari atas dua faktor strategis, yaitu peluang (Opportunities) dan ancaman (threaths) yang menjadi langkah-langkah strategi dalam Pengembangan Pasar Tradisional. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah empat puluh tiga orang dengan lima belas pernyataan kuesioner dengan rincian empat item pernyataan kekuatan, tiga item kelemahan, empat item peluang dan empat faktor item acaman. Dengan menggunakan metode SWOT, hasil penelitian diperoleh bahwa Pengembangan Pasar Tradisional di kota Lubuklinggau memiliki kekuatan yang tinggi dan kelemahan yang lemah serta memiliki peluang yang tinggi dan ancaman yang juga tinggi. Analisis Internal dan eksternal tersebut diperoleh kesimpulan bahwa strategi pengembangan pasar tradisional di Kota Lubuklinggau strategi yang digunakan adalah Strategi SO : menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yaitu menggunakan kekuatan dengan memanfaatkan peluang meminimalkan kelemahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 11 Nov 2014 03:13
Last Modified: 11 Nov 2014 03:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9505

Actions (login required)

View Item View Item