STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL MAKANAN KHAS BENGKULU DI KOTA BENGKULU

Nalapraya, Hade Yulian and Handoko , Hadiyanto and Antoni , Sitorus (2014) STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL MAKANAN KHAS BENGKULU DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-had.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-had.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Dalam Undang-Undang 32 tahun 2004 dijelaskan salah satu kewenangan Pemerintah Daerah adalah memfasilitasi pengembangan koperasi, usaha kecil dan menengah yang dilakukan secara nyata ada dan berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kondisi, kekhasan, dan potensi unggulan daerah yang bersangkutan. Kota Bengkulu merupakan salah satu sentra industri kecil bebasis industri lokal makanan khas Bengkulu yang merupakan ciri budaya khas Propinsi Bengkulu yang dipertahankan kelestariannya, dalam beberapa tahun terakhir ini industri kecil lokal makanan khas Bengkulupengembangannya terlihat jalan ditempat bahkan menurun. Ini menjadi alasan perlunya strategi pengembangan industri makanan khas Bengkulu di Kota Bengkulu dengan memperhatikan faktor-faktor atau kendala yang dihadapi sebagai penghambat perkembangan dan kemajuan usaha, sehingga berdampak pada kontribusi dan manfaat serta peranan yang diberikan industri kecil makanan khas Bengkulu kaitannya dalam peningkatan pendapatan masyarakat di Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor internal dan factor eksternal pada usaha industry kecil makanan khas Bengkulu sehingga dapat merumuskan strategi dan progra pengembangan industry kecil makanan Khas Bengkulu di Kota Bengkulu. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan populasi yang dilakukan secara Purposive sampling. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT yang dimaksud dengan analisis SWOT adalah suatu cara menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal menjadil angkah-langkah strategi dalam pengoptimalan usaha yang lebih menguntungkan. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang diambil sebanyak 43 responden sebagai informan kunci.Dalam penelitian ini penulis menggunakan kuisioner yang terdiri dari pernyataan faktor internal dan eksternal industry kecil makanan Khas Bengkulu di Kota Bengkulu yang memuat 6 pernyataan tentang kekuatan, 9 pernyataan tentang kelemahan, 11 pernyataan tentang peluang dan 7 pernyataan tentang ancaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 11 Nov 2014 07:30
Last Modified: 11 Nov 2014 07:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9525

Actions (login required)

View Item View Item