IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SOFTWARE POWERPOINT DAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Agustina , Eka and Bambang, Sahono and Zakaria, Sabil (2014) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SOFTWARE POWERPOINT DAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-eka-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,I-14-eka-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Masalah umum penelitian ini adalah apakah implementasi pengelolaan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator dapat memperbaiki proses pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kota Bengkulu? Masalah khusus penelitian ini adalah apakah implementasi pengelolaan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator dapat memperbaiki proses pembelajaran matematika? Apakah implementasi pengelolaan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa? Pengelolaan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator yang bagaimana yang dapat memperbaiki proses pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa? Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kota Bengkulu melalui implementasi pengelolaan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika melalui pembelajaran berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator, meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator, mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator yang dapat memperbaiki proses pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek utama adalah siswa dan guru matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan skala penilaian. Peneliti bersama guru matematika berkolaborasi dalam membuat rencana pengajaran, media pengajaran, media evaluasi, instrumen penilaian dan lembar observasi. Perencanaan yang telah dibuat kemudian diimplementasikan melalui langkah-langkah tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Data hasil uji coba tes dianalisis validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS sebelum digunakan sebagai instrumen tes. Data yang dikumpulkan terdiri dari data proses yaitu penilaian proses pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator, lembar observasi dan data hasil yaitu hasil tes siswa menggunakan Software Wondershare Quiz Creator, hasil penilaian sikap dan hasil penilaian keterampilan. Data hasil observasi dianallisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil tes belajar matematika dianalisis dengan menggunakan rata- rata nilai, tingkat penguasaan dan criteria ketuntasan belajar. Penelitian dilakukan sebanyak 3 (tiga) siklus. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi pengelolaan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator dapat memperbaiki proses pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil siklus 1, siklus 2 dan siklus 3, pengelolaan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator yang dapat memperbaiki proses pembelajaran matematika dan hasil belajar matematika siswa adalah kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perencanaan dan disetiap akhir siklus dilakukan evaluasi terhadap tindakan yang telah dilakukan; proses pembelajaran yang dilakukan secara berurutan dimulai dari kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, dan kegiatan akhir pembelajaran; menggunakan Powerpoint sebagai media presentasi materi pelajaran yang dilengkapi dengan animasi-animasi untuk contoh soal serta jawaban dan penjelasan; proses pembelajaran melibatkan siswa dalam penggunaan Software Powerpoint pada saat membahas jawaban contoh soal, yaitu dengan cara meminta salah satu siswa untuk memilih jawaban yang terdapat di tampilan Powerpoint serta menyimpulkan materi pelajaran dengan mengetikkan langsung ke Powerpoint; menggunakan Wondershare Quiz Creator sebagai media evaluasi dengan cara dibimbing langsung oleh guru matematika dan membuat print out cara menggunakan Software Wondershare Quiz Creator serta bentuk soal tes hasil belajar yang bervariasi. Hasil penelitian secara khusus adalah: Pertama, implementasi pengelolaan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator dapat memperbaiki proses pembelajaran matematika. Penerapan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator dapat meningkatkan kemampuan guru dalam hal kegiatan membuka pelajaran,penguasaan materi pelajaran,menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran, memanfaatkan media pembelajaran, meningkatkan keterlibatan siswa dan memanfaatkan Software Wondershare Quiz Creator sebagai media evaluasi hasil belajar siswa. Kedua, implementasi pengelolaan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Penerapan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator dapat meningkatkan hasil tes yang dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil tes siswa untuk 3 (tiga) siklus yaitu: Siklus 1 = 65,192308; Siklus 2 = 74,615385; Siklus 3 = 79,807692. Penerapan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator dapat meningkatkan sikap siswa dalam hal keaktifan, toleransi, kedisiplinan, kejujuran, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif dan tanggungjawab. Selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan Software Wondershare Quiz Creator pada saat tes hasil belajar matematika. Ketiga, implementasi pengelolaan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator yang dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar adalah pembelajaran matematika yang dilakukan sesuai dengan perencanaan yang dibuat secara kolaborasi antara peneliti dan guru matematika dan diakhiri dengan evaluasi terhadap tindakan yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa implementasi pengelolaan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator dapat memperbaiki proses pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa. Secara khusus implementasi pengelolaan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator dapat memperbaiki proses pembelajaran matematika, implementasi pengelolaan pembelajaran matematika berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa untuk tiga (3) ranah, yaitu: kognitif, afektif dan psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan maka disarankan agar guru mencoba melakukan pembelajaran dengan menerapkan pengelolaan pembelajaran berbasis Software Powerpoint dan Wondershare Quiz Creator, tidak hanya guru matematika tetapi juga guru pada mata pelajaran yang lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 12 Nov 2014 04:56
Last Modified: 12 Nov 2014 04:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9588

Actions (login required)

View Item View Item