KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK (STUDI PERBANDINGAN ANTARA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SMPN 2 DAN SMPN 4 KOTA BENGKULU)

Haloho, Elida and Bambang, Sahono and Manap, Somantri (2014) KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK (STUDI PERBANDINGAN ANTARA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SMPN 2 DAN SMPN 4 KOTA BENGKULU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-eli-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-eli-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Rumusan masalah umum penelitian ini adalah “bagaimanakah perbandingan kinerja guru bersertifikat pendidik antara guru SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu ?”. Masalah tersebut dikembangkan menjadi masalah khusus yang mencakup: Bagaimana perbedaan dan persamaan kinerja guru bersertifikat pendidik dalam bidang perencanaan pembelajaran antara guru SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu ?. Bagaimana perbedaan dan persamaan kinerja guru bersertifikat pendidik dalam bidang pelaksanaan pembelajaran antara guru SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu ?. Bagaimana perbedaan dan persamaan kinerja guru bersertifikat pendidik dalam bidang penilaian/evaluasi pembelajaran antara guru SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu ?. Bagaimana perbedaan dan persamaan kinerja guru bersertifikat pendidik dalam bidang prestasi akademik antara guru SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu ?. Bagaimana perbedaan dan persamaan kinerja guru bersertifikat pendidik dalam bidang keikut sertaan dalam organisasi profesi antara guru SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu ?. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan perbandingan kinerja guru bersertifikat pendidik antara guru SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: perbedaan dan persamaan kinerja guru bersertifikat pendidik dalam bidang perencanaan pembelajaran antara guru SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu, perbedaan dan persamaan kinerja guru bersertifikat pendidik dalam bidang pelaksanaan pembelajaran antara guru SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu, perbedaan dan persamaan kinerja guru bersertifikat pendidik dalam bidang penilaian/evaluasi pembelajaran antara guru SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu, perbedaan dan persamaan kinerja guru bersertifikat pendidik dalam bidang prestasi akademik antara guru SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu, perbedaan dan persamaan kinerja guru bersertifikat pendidik dalam bidang keikutsertaan dalam organisasi profesi antara guru SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif komparatif,dimana data yang diambil dan dikumpulkan dari kedua sekolah yang menjadi sasaran penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan melakukan perbandingan (Compare). Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bersertifikat pendidik, di SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu yang berhubungan dengan kinerja guru bersertifikat pendidik. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, observasi,dan dokumentasi. teknik analisa data yang menggunakan deskriptif kualitatif dengan induktif. Hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, guru bersertifikat pendidik di SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu memiliki persamaan antara lain, perencanaan tujuan dari pembelajaran, perencanaan bahan ajar, perencanaan strategi dan metode, serta perencanaan sumber belajar atau media belajar, guru bersertifikat pendidik pada kedua sekolah ini memiliki perencanaan pembelajaran hal ini dapat dilihat dengan telah dilaksanakannya semua indikator penilaian kinerja untuk perencanaan pembelajaran yang berguna untuk menyusun perencanaan dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar . Kedua, guru bersertifikat pendidik di SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu memiliki persamaan baik dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM), penggunaan alokasi waktu mengajar, kemampuan mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang sedang disampaikan, penguasaan kelas dan pemberian motivasi pada siswa didik, perbedaan yang ditemukan hanya cara yang dilakukan dalam pelaksanaannya tetapi substansi dari tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran tetap tercapai dengan baik. Ketiga, guru bersertifikat pendidik di SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu memiliki persamaan dalam perencanaan penilaian atau evaluasi pembelajaran, waktu pelaksanaan, bentuk penilaian, aspek penilaian atau evaluasi dan tindak lanjut dari kegiatan penilaian atau evaluasi perbedaan pada jawaban responden tetapi secara substansi memiliki muatan yang sama. Keempat, guru bersertifikat pendidik di SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu memiliki persamaan dalam semua aspek antara lain kualifikasi pendidikan, prestasi yang pernah diraih, dan karya yang telah dihasilkan, sedangkan dari kualifikasi pendidikan terlihat tidak ada perbedaan antara kedua sekolah ini rata-rata guru bersertifikat pendidik di SMPN 4 Kota Bengkulu memiliki tingkat pendidikan S2 berjumlah 3 orang atau 7,14% dari 42 orang guru bersertifikat pendidik yang sekolah ini miliki sedangkan guru bersertifikat pendidik di SMPN 2 Kota Bengkulu yang memiliki jenjang pendidikan S2 ada 4 orang atau 8,70% dari 46 orang guru bersertifikat pendidik yang mereka miliki. Kelima, guru bersertifikat pendidik di SMPN 2 dan SMPN 4 Kota Bengkulu memiliki persamaan dalam keikutsertaan berorganisasi, ditinjau dari aspek peran serta, tujuan berorganisasi dan manfaat berorganisasi. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan terdapat banyak sekali kesamaan antara lain, kinerja dalam perencanaan pembelajaran dengan adanya perumusan tujuan pembelajaran, mempersiapkan bahan ajar, menentukan strategi dan metode belajar serta mempersiapkan sumber belajar atau media ajar, kemudian dilanjutkan pelaksanaan pembelajaran dengan persiapan yang baik disertai kemampuan mengefektifkan alokasi waktu belajar, mengaitkan materi yang sudah dan akan diberikan kepada, penguasaan kelas disertai pemberian motivasi kepada siswa didik. Dari hasil kegiatan belajar mengajar tersebut dilakukan evaluasi yang berguna untuk mengukur tingkat keberhasilan dari kegiatan tersebut dan bagi siswa yang belum berhasil dalam evaluasi tersebut diberi kesempatan untuk mengikuti remedial yang berguna untuk membantu siswa tersebut memahami dan mengerti materi yang diremedialkan. Selain melakukan tugas utama guru bersertifikat pendidik di kedua sekolah ini tetap berprestasi dengan karya yang mereka hasilkan serta tak lupa mengaktualisasikan dirinya dalam keikutsertaannya pada organisasi profesi. Saran yang dapat diberikan adalah: Pertama, bagi guru bersertifikat pendidik dikedua sekolah tersebut, pertahankan dan tingkatkan kinerja yang sudah baik dalam perencanaan pembelajaran. Kedua, bagi guru bersertifikat pendidik dikedua sekolah tersebut, pertahankan dan tingkatkan kinerja dalam pelaksanaan pembelajaran. Ketiga, bagi guru bersertifikat pendidik dikedua sekolah tersebut, pertahankan dan tingkatkan kinerja yang sudah baik dalam penilaian dan evaluasi pembelajaran Keempat, bagi guru bersertifikat pendidik dikedua sekolah tersebut, pertahankan dan tingkatkan kinerja yang sudah baik dalam prestasi akademik dengan terus belajar dan mengembangkan diri serta terus berkarya dan berprestasi Kelima, bagi guru bersertifikat pendidik dikedua sekolah tersebut pertahankan dan tingkatkan kinerja yang sudah baik dalam keikutsertaan dalam organisasi profesi, akan banyak manfaat yang akan didapat dengan peran serta aktif kita dalam suatu organisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 12 Nov 2014 07:35
Last Modified: 12 Nov 2014 07:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9596

Actions (login required)

View Item View Item