PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMAN 1 KOTA BENGKULU

Nurbaiti, Nurbaiti and Wahyu , Widada and Ilham , Abdullah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMAN 1 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X IPA SMAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah siswa kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 70 siswa, yang terdiri dari 35 siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif yang terlebih dahulu diuji validitas dan realibilitasnya. Data dianalisis dengan Anava Mixed Design. Dengan taraf signifikansi 5%, hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep terhadap kemampuan pemahaman konsep, yaitu sebesar 83,1% dan terhadap kemampuan berpikir kreatif, yaitu sebesar 58,5%. Serta terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif, yaitu sebesar 37,7%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 13 Nov 2014 02:23
Last Modified: 13 Nov 2014 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9621

Actions (login required)

View Item View Item