REKRUTMEN SISWA BARU DI RA AL-HAQ KOTA BENGKULU

Oktari, Tri Reza and Rohiat, Rohiat and Osa, Juarsa (2014) REKRUTMEN SISWA BARU DI RA AL-HAQ KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-tri-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-tri-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Masalah umum penelitian ini adalah “bagaimana rekrutamen penerimaan siswa RA. AL-HAQ di Kota Bengkulu?” selanjutnya rumusan masalah umum tersebut dibagi ke dalam rumusan masalah khusus, yaitu: bagaimana perencanaan, pelaksanaan, cara menentukan penempatan siswa baru, monitoring, evaluasi dan hambatan-hambatan yang dihadapi serta solusi dalam pengelolaan pola rekrutmen di RA AL – HAQ Kota Bengkulu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rekrutamen penerimaan siswa RA AL - HAQ Kota Bengkulu. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, cara menentukan penempatan, monitoring, evaluasi, hambatan-hambatan yang dihadapi dan solusi dalam pengelolaan pola rekrutmen di RA AL – HAQ Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, panitia penerimaan siswa baru dan guru RA AL – HAQ. Pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada obyek penelitian. Penelitian kualitatif data dapat dinyatakan valid apabila tidak ada perbedaan antara laporan peneliti dengan objek yang diteliti. Keabsahan data hasil temuan dalam penelitian ini menggunakan pengamatan secara seksama, uji keabsahan data, kecocokan dan data menggunakan triangulasi. Pengujian ini dimaksudkan agar hasil yang didapat bisa benar-benar akurat. Simpulan penelitian tentang rekrutmen siswa baru Di RA AL-HAQ Kota Bengkulu secara umum dapat disimpulkan bahwa rekrutmen siswa baru Di RA AL-HAQ Kota Bengkulu dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, cara menentukan penempatan, monitoring dan evaluasi. Sedangkan secara khusus sebagai berikut : Pertama, perencanaan rekrutmen siswa baru dimulai dari menentukan pembentukan panitia, menetapkan sasaran, memperkirakan waktu pendaftaran penerimaan siswa baru dan pesyaratan penerimaan siswa baru. Perencanaan rekrutmen siswa baru di RA AL-HAQ sangat penting dalam persiapan pelaksanaan rekrutmen siswa baru agar tujuan rekrutmen siswa baru yang diharapkan berhasil atau tercapai dengan baik. Tanpa perencanaan atau planning maka pelaksanaan suatu kegiatan seperti rekrutmen siswa baru ini akan mengalami kesulitan dan bahkan kegagalan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Kedua, sistem pelaksanaan penerimaan siswa baru di RA AL - HAQ. Setelah perencanaan maka proses selanjutnya adalah pelaksanaan penerimaan siswa baru yang dimulai dari pembentukan panitia, membuat pengumuman, jadwal pendaftaran penerimaan siswa baru, melengkapi persayaratan, menentukan siswa yang diterima dan jadwal pendaftaran ulang. Panitia dibagi dalam beberapa tugas, ada yang bertugas menyiapkan formulir pendaftaran, ada beberapa panitia yang bertugas menempelkan dan membagi-bagikan brosur selembaran kepada masyarakat yang masih belum mengetahui pendaftaran RA AL-HAQ. Kemudian setelah itu mengisi formulir, dan melengkapi semua persyaratan yang diminta. Proses rekrutmen siswa RA AL-HAQ sangatlah mudah, dikarenakan sistem rekrutmen siswa baru yang digunakan oleh RA AL – HAQ dengan menentukan anak yang diterima di RA AL – HAQ yaitu berdasarkan mengisi formulir,melengkapi berkas dan batas usia yang telah ditentukan oleh panitia RA AL – HAQ. Ketiga, menentukan penempatan siswa baru di RA AL - HAQ. Setelah semua proses pendaftar ulang telah selesai, maka sebelum waktu kegiatan belajar – mengajar para panitia dan semua staf guru akan melakukan pembagian kelas untuk menentukan ruangan siswa baru. RA AL-HAQ mempunyai cara khusus untuk membuat anak-anaknya saling mengenal satu sama lain, maka sebelum pelaksanaan proses belajar – mengajar langkah selanjutnya para panitia dan guru mengajak siswa baru melaksanakan kegiatan masa orientasi siswa (MOS). Masa orientasi siswa (MOS) merupakan salah satu bagian dalam rangka proses rekrutmen. Pelaksanaan MOS biasa dilakukan agar siswa baru dapat mengenal satu sama lain dengan teman-teman dan semua keluarga yang ada di RA AL-HAQ. Keempat, monitoring dan evaluasi merupakan salah satu rangkaian kegiatan rekrutmen siswa baru di sekolah. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan rekrutmen siswa baru ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana pelaksanaan rekrutmen siswa baru berlangsung dengan sangan optimal. Upaya tersebut dapat dilihat dari rekapan Calon- calon siswa pada bulan Mei-Juli 2013, susunan panitia, biaya dasar hukum dan lain-lainnya. Setiap kegiatan atau pekerjaan yang telah dilaksanakan umumnya dilakukan monitoring dan evaluasi. Kegiatan monitoring dan evaluasi dalam proses rekrutmen di RA AL-HAQ yang telah dilakukan dari tahun-tahun dulu sehingga dalam proses rekrutmen tahun ajaran 2013/2014 memperoleh jumlah siswa 240 orang. Kelima, hambatan yang dihadapi selama proses rekrutmen berlangsung adalah banyaknya orangtua yang merasa keberatan dengan pembayaran pada saat melengkapi persyaratan. Untuk mengatasi hambatan maka munculah solusi dalam pengelolaan pola rekrutmen Di RA AL – HAQ di Kota Bengkulu, yaitu dengan cara ketika pada proses pendaftaran berlangsung para panitia menjelaskan dan menawarkan program – program yang menarik, sehingga banyak orangtua yang tertarik ingin mendaftarkan anaknya di RA AL-HAQ Kota Bengkulu. Saran penelitian ini adalah sekolah yang belum melaksanakan proses rekrutmen siswa baru diharapkan dapat melaksanakan proses rekrutmen dengan matang untuk membentuk panitia, karena proses rekrutmen siswa baru merupakan langkah awal dalam menjaring siswa yang berkualitas. Kemudian pelaksanaan rekrutmen siswa baru diharapkan berdasarkan aturan yang ada agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan masalah. Bagi sekolah – sekolah lain yang ingin melakukan perekrutan siswa harus melakukan monitoring dan evaluasi dengan baik dari kepala sekolah maupun dari Departemen agama maupun yayasan agar bila ada hambatan yang timbul dapat segera dicari solusi pemecahan masalah dan diketahui seberapa jauh hasil pelaksanaan status kegiatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 13 Nov 2014 03:24
Last Modified: 13 Nov 2014 03:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9630

Actions (login required)

View Item View Item