MANAJEMEN KELAS (STUDI DESKRIFTIF KUALITATIF DI KELAS OLAHRAGA SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU)

Sumantri, Yudi Nuryadin and Zakaria, Zakaria and Endang , Widi Winarni (2014) MANAJEMEN KELAS (STUDI DESKRIFTIF KUALITATIF DI KELAS OLAHRAGA SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,I-14-yud-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-yud-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah; “Bagaimana manajemen kelas di kelas olahraga SMP Negeri 2 Kota Bengkulu ?”. Rumusan khusus penelitian ini: 1) bagaimanakah upaya guru mengenal karakteristik latar belakang siswa? 2) bagaimanakah guru menggalang hubungan dengan orang tua siswa? 3) bagaimanakah guru memberikan reward dan Punishment kepada siswa? 4) bagaimanakah upaya guru dalam menangani perilaku siswa yang menyimpang? 5) bagaimana upaya guru menangani perilaku kronis siswa? 6) bagaimana upaya guru menyesuaikan pengelolaan kelas dengan hakekat pembelajaran olahraga ? Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana cara melaksanakan manajemen kelas olahraga SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam 1) mengenal karakteristik latar belakang siswa? 2) menggalang hubungan dengan orang tua siswa? 3) memberikan reward dan Punishment kepada siswa? 4) menangani perilaku siswa yang menyimpang? 5) menangani perilaku kronis siswa? 6) menyesuaikan pengelolaan kelas dengan hakekat pembelajaran olahraga? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian adalah manajemen kelas. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu : wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan, yakni analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, sebagian besar pendekatan yang digunakan oleh bapak/ibu guru dalam mengenal karakteristik latar belakang siswa yaitu dengan menggunakan pendekatan pribadi, memanggil siswa dan bertanya kepada siswa satu persatu. Waktu yang digunakan pada umumnya juga disela-sela pembelajaran. Kedua, dalam hal menggalang hubungan dengan orang tua bapak/ibu guru selalu mengadakan komunikasi dengan orang tua siswa, dan juga melibatkan orang tua siswa dalam kegiatan-kegiatan sekolah seperti : pembentukan komite sekolah, perpisahan ataupun dalam pembuatan aturan-aturan tentang disiplin sekolah. Ketiga, cara guru dalam memberikan reward dan punishment kepada siswa dengan cara memberikan pujian apabila siswa mendapatkan nilai yang bagus ketika ulangan, dan akan memberikan hukuman apabila siswa melakukan prilaku yang menyimpang dengan cara memberikan teguran. Keempat, dalam hal menangani perilaku siswa yang menyimpang sudah bagus dan adanya keseriusan dari pihak sekolah terbukti dengan melibatkan seluruh stake holder yang ada di sekolah tersebut seperti: guru bapak/ibu guru, wali kelas, waka. Kesiswaan, orang tua siswa dan juga guru BP. Kelima, seperti halnya penanggulangan siswa yang menyimpang dalam menangani perilaku kronis siswa juga sudah cukup bagus, terutama dalam penegakkan displin dan aturan sekolah yang dibuat seketat mungkin sehingga pelanggaran-pelanggaran jarang terjadi. Keenam, dalam pengelolaan kelas sudah cukup tepat dengan menyesuaikan hakekat pembelajaran olahraga ini terlihat pada umumnya anak merasa senang dan bergairah dalam belajar karena suasananya yang santai, bergembira, serta melibatkan siswa secara utuh sebagai satu kesatuan. Simpulan umum dalam penelitian ini adalah dengan melaksanakan manajemen kelas yang dijalankan hanya bersifat rutinitas dan berkelanjutan adapun kurikulum yang digunakan sama dengan kelas biasa (sport class) seperti : mengenal karakteristik latar belakang siswa, menggalang hubungan dengan orang tua siswa, memberikan reward dan punishment kepada siswa, menangani perilaku siswa yang menyimpang, menangani perilaku kronis siswa dan menyesuaikan pengelolaan kelas dengan hakekat pembelajaran olahraga sudah berjalan, Saran yang dikemukakan sebagai berikut: Pertama, agar kepala sekolah lebih aktif lagi dalam memantau perkembangan di kelas olahraga, terutama yang berkenaan dengan sarana dan prasarana pembelajarannya. Kedua, diharapkan kepada bapak/ibu guru untuk mencari lagi inovasi-inovasi yang berkaitan dengan pengelolaan kelas, dan dapat mempertahankan langkah-langkah yang sudah berjalan dengan baik. Ketiga, diharapkan agar bapak/ibu guru dapat memahami betul bagaimana cara melaksanakan manajemen kelas yang baik, sehingga hasil yang diharapkan akan lebih maksimal terutama prestasi dibidang olahraga. Keempat, seluruh stake holder agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kerjasama yang sudah berjalan dengan baik, antara kepala sekolah, guru dan siswa bahkan orang tua murid dalam melaksanakan manajemen kelas sehingga apa yang diharapkan dalam penelitian ini dapat bermanfaat bagi sekolah yang dijadikan objek dalam penelitian ini, dan bagi pembaca pada umumnya. Kelima, bagi pembaca diharapkan dapat memberikan saran dan masukan, karena penulis yakin dalam penelitian ini masih banyak kekurangannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 13 Nov 2014 03:43
Last Modified: 13 Nov 2014 03:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9637

Actions (login required)

View Item View Item