PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN DALAM MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Qaturradhiyat, Nati and Saleh , Haji and Hartanto, Hartanto (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN DALAM MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nat.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nat.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap pemahanan konsep dan keterampilan matematika dalam pembelajaran matematika. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimental. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu Kelas XI IPS. Uji hipotesis Pemahaman Konsep dan Keterampilan matematika siswa dilakukan dengan uji Anava campuran 2x2 (Anava Mixed Design). Pemahaman Konsep Matematika kelas eksperimen signifikan (MD = -29,333 : < Sig 0,05) dan perubahan pemahaman konsep matematika pada kelas kontrol juga signifikan (MD = -6.000: Sig < 0.05). Pada kelas eksperimen kolom Partial Eta Sguared didapatkan nilai sebesar 0,879 artinya pembelajaran matematika realistik yang diberi menikatkan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 87,9%. Sedangkan peningkatan pada kelompok kontrol 23,3%. Jadi H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh pembelajaran relaistik terhadap pemehaman konsep pada pembelajaran matematika sisiwa. Keterampilan matematika siswa pada kelas eksperimen adalah signifikan (MD= -36.667: Sig < 0,05) dan perubahan keterampilan matematika siswa pada kelas kontrol juga signifikan (MD=-12.167: Sig < 0,05). Keterampilan matematika kelas eksperimen kolom Partial Eta Sguared didapatkan nilai sebesar 0.989 artinya pembelajaran relaistik yang diberikan meningkatkan keterampilan matematika siswa sebesar 98.8%. Sedangkan peningkatan kelompok kontrol 90,8%. Jadi H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap pemahaman konsep dan keterampilan dalam matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 13 Nov 2014 04:25
Last Modified: 13 Nov 2014 04:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9644

Actions (login required)

View Item View Item