MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH AL-HASANAH PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Sastranagara, Nurman Yusuf and Wahyu, Widada and Saleh, Haji (2014) MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH AL-HASANAH PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,I-14-nur-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-nur-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) memperoleh model pembelajaran berbasis Kearifan lokal yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, (2) mengetahui mana yang lebih baik hasil belajar matematika dengan pembelajaran berbasis Kearifan lokal daripada cara konvensional. Penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Hasanah Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Dari penelitian dihasilkan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan lokal yang valid, praktis, dan efektif. Pada awal pembelajaran cerita rakyat dan kearifan lokal Bengkulu yang lainnya disampaikan terlebih dahulu. Sintaksis model ini adalah: (1) fase pemberian masalah yang berhubungan dengan kearifan lokal, (2) fase berpikir, (3) fase berpasangan, (4) fase eksplorasi, (5) fase diskusi hasil eksplorasi, (6) fase penyimpulan. Kelas yang mengalami pembelajaran berbasis kearifan lokal yaitu Kelas XC memiliki kriteria tuntas secara klasikal karena 94,73 % siswa telah tuntas. Sedangkan pada kelas yang diajarkan melalui pembelajaran secara konvensional yaitu Kelas XA belum mengalami ketuntasan secara klasikal karena baru 23,07% siswa yang tuntas. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal lebih baik daripada pembelajaran matematika secara konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 13 Nov 2014 04:43
Last Modified: 13 Nov 2014 04:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9649

Actions (login required)

View Item View Item