PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL SEMPOA UNTUK PEMBELAJARAN ARITMATIKA ANAK USIA DINI (AUD)

Hayati, Gusni and Boko, Susilo and Nina, Kurniah (2013) PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL SEMPOA UNTUK PEMBELAJARAN ARITMATIKA ANAK USIA DINI (AUD). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1I-13-gus.FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1I-13-gus.FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu Media Virtual Sempoa untuk Pembelajaran Aritmatika Anak Usia Dini (AUD) yang menyediakan sarana latihan interaktif dengan contoh soal yang lebih dinamis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan Adobe Flash Professional CS5 dan ActionScript3.0 sebagai bahasa pemrogramannya. Media yang dihasilkan diuji kelayakannya dengan teknik skala likert dalam kelompok kecil. Penelitian ini di uji cobakan di dua tempat, yaitu TK Negeri Pembina 2 Kota Bengkulu untuk mengetahui kelayakan media anak berusia 4 sampai 5 tahun dengan 15 guru PAUD sebagai respondennya dan SD IT Rabbani Kota Bengkulu untuk mengetahui kelayakan media anak berusia 6 sampai 8 tahun dengan 15 murid SD IT dan 4 guru pendamping sebagai respondennya. Dari hasil pengujian didapat presentase rata-rata dari guru PAUD 89,1%, guru pendamping 95,8% dengan kategori baik, dan respon anak terhadap media adalah positif. Hasil penelitiannya adalah bahwa media virtual sempoa ini layak dan dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 17 Oct 2013 09:19
Last Modified: 17 Oct 2013 09:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item