PENGARUH STRATEGI KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP N 2 TALANG EMPAT DAN SMP N 3 TALANG EMPAT

Mertiana, Selli and Hartanto, Hartanto and M.Ilham , Abdullah (2014) PENGARUH STRATEGI KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP N 2 TALANG EMPAT DAN SMP N 3 TALANG EMPAT. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,I-14-sel-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-sel-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematika dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Talang Empat dan SMP N 3 Talang Empat Kelas VIII. Uji hipotesis kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa dilakukan dengan uji Anava Campuran 2x2 (Anava Mixed Design). Kemampuan pemahaman kelas eksperimen signifikan (MD=-51,687 ; Sig<0,05) dan perubahan kemampuan pemahaman pada kelas control juga signifikan (MD= -44.146; Sig<0,05). Pada kelas eksperimen kolom Partial Eta Squared didapatkan nilai sebesar 0.919 artinya stratgi keterampilan metakognitif yang diberikan meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sebesar 91,9% sedangkan peningkatan kelompok kontrol 89,2%. Jadi H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh penerapan strategi keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemahaman siswa. Kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen adalah signifikan (MD=-56.021; Sig<0,05) dan perubahan kemampuan pemecahan masalah pada kelas control juga signifikan (MD= -46.333; Sig<0,05). Pemecahan masalah kelas eksperimen kolom Partial Eta Squared didapatkan nilai sebesar 0.962 artinya strategi keterampilan metakognitif yang diberikan meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sebesar 96,2% sedangkan peningkatan kelompok kontrol 94,5%. Jadi H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh penerapan strategi keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 13 Nov 2014 04:53
Last Modified: 13 Nov 2014 04:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9650

Actions (login required)

View Item View Item