STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMPN 1 AIR NAPAL DAN SMPN 2 AIR NAPAL BENGKULU UTARA

Hidayati, Sustini and Hartanto, Hartanto and Saleh, Haji (2014) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMPN 1 AIR NAPAL DAN SMPN 2 AIR NAPAL BENGKULU UTARA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,VI,I-14-sus-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-sus-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang diajarkan melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan Pembelajaran Konvensional; 2) perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan melalui pembelajaran matematika realistik (PMR) dengan pembelajaran konvensional; 3) kemampuan penalaran matematis yang diajarkan dengan Pembelajaran Matematika Realistik lebih baik dari pada pembelajaran konvensional; 4) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Matematika Realistik lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Air Napal dan SMP N 2 Air Napal Kelas IX. Uji hipotesis kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa dilakukan dengan uji Anava Campuran 2x2 (Anava Mixed Design). Kemampuan penalaran kelas eksperimen signifikan (MD=-53.673 ; p<0,05) dan perubahan kemampuan komunikasi matematis pada kelas control juga signifikan (MD= - 45.115; p<0,05). Pada kelas eksperimen kolom Partial Eta Squared didapatkan nilai sebesar 0.948 artinya pembelajaran matematika realistik yang diberikan meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 94,8% sedangkan peningkatan kelompok kontrol 92,8%. Jadi H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan dengan pembelajaran matematika realistik dengan pembelajaran konvensional. Kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen adalah signifikan (MD=-44.712 p<0,05) dan perubahan kemampuan komunikasi matematis pada kelas control juga signifikan (MD= -36.923; p<0,05). Kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen kolom Partial Eta Squared didapatkan nilai sebesar 0.905 artinya pembelajaran matematika realistik yang diberikan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 90,5% sedangkan pada kelompok kontrol peningkatannya sebesar 86,7%. Jadi H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan dengan pembelajaran matematika realistik dengan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 13 Nov 2014 05:00
Last Modified: 13 Nov 2014 05:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9651

Actions (login required)

View Item View Item