PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Yarmawati, Yarmawati and Saleh, Haji and Hartanto, Hartanto (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-yar-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,I-14-yar-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran RME terhadap konsep diri (self concept), pengaruh pembelajaran RME terhadap kemampuan representasi matematika, dan pengaruh konsep diri (self concept) terhadap kemampuan representasi matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang dilanjutkan dengan penelitian verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas XI IPA SMA PLUS NEGERI 7 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen konsep diri (self concept) dan kemampuan representasi matematika yang terlebih dahulu diuji validitas dan realibilitasnya. Analisis data menggunakan analisis anova campuran (anova mix design) untuk penelitian quasi eksperimen dan menggunakan analisis jalur (path analysis) untuk penelitian verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran RME terhadap konsep diri (self concept), yaitu sebesar 75,4% dan pengaruh pembelajaran RME terhadap Kemampuan representasi matematika, yaitu sebesar 78,7%. Sedangkan Konsep Diri (self concept) berpengaruh langsung positif terhadap kemampuan representasi matematika, yaitu sebesar 40,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 13 Nov 2014 05:10
Last Modified: 13 Nov 2014 05:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9654

Actions (login required)

View Item View Item