IMPLEMENTASI ALGORITMA GENETIKA PADA SENI DIGITAL MENGGUNAKAN REPRODUKSI SEKSUAL DAN POPULASI BERBASIS PERHITUNGAN LINEAR CELLULAR AUTOMATA, ITERATED FUNCTION SYSTEM, VORONOI DIAGRAM DAN LINDENMAYER SYSTEMS

Tomi, Herian and Edy , Hermansyah and Arie , Vatresia (2013) IMPLEMENTASI ALGORITMA GENETIKA PADA SENI DIGITAL MENGGUNAKAN REPRODUKSI SEKSUAL DAN POPULASI BERBASIS PERHITUNGAN LINEAR CELLULAR AUTOMATA, ITERATED FUNCTION SYSTEM, VORONOI DIAGRAM DAN LINDENMAYER SYSTEMS. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1I-13-her.FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1I-13-her.FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Gambar merupakan perpaduan antara titik, garis, bidang dan warna yang dikomposisikan untuk memvisualisasi sesuatu. Proses pembentukan gambar memerlukan komposisi warna, letak dan jarak yang tepat antara garis satu dengan lainnya sehingga menghasilkan gambar yang bagus. Diperlukan kreatifitas dan imajinasi tinggi untuk menghasilkan gambar. Sedangkan kemampuan manusia dalam kedua hal tersebut sangatlah terbatas, terutama dalam membentuk gambar baru dengan memanfaatkan pola gambar yang sudah ada atau gambar yang menyerupai bentuk gambar lama. Sehingga diperlukan sebuah perangkat lunak dalam memudahkan proses pembentukan gambar. Penelitian ini berjudul Implementasi Algoritma Genetika pada Seni Digital menggunakan Reproduksi Seksual dan Populasi Berbasis perhitungan Linear Cellular Automata, Iterated Function System, Voronoi Diagram dan Lindenmayer Systems yang bertujuan untuk membangun sebuah perangkat lunak yang bisa digunakan dalam menghasilkan generasi gambar baru. Selain dari perhitungan tersebut, juga menambahkan flame sebagai pemberi efek api/bercahaya pada gambar dan pov-ray digunakan untuk membuat gambar 3D. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan matematika bisa diterapkan dalam pola pembentukan gambar dan gambar yang dihasilkan berupa gambar abstrak, simetris dan lain sebagainya. Generasi gambar berikutnya dapat dihasilkan dalam jumlah tidak terbatas. Proses menghasilkan gambar dilakukan secara acak dan perkawinan kedua gambar yang sudah ada. Hasil gambar dapat di eksport kedalam format jpg, png, dan svg.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 17 Oct 2013 09:25
Last Modified: 17 Oct 2013 09:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item View Item