PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS RISET OTAK UNTUK SISWA SMP ALKARIM KOTA BENGKULU

Selviani, Diah and Wahyu , Widada and I , Wayan Dharmayana (2014) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS RISET OTAK UNTUK SISWA SMP ALKARIM KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-dia.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-dia.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menghasilkan model pembelajaran matematika berbasis riset otak untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Alkarim Kota Bengkulu. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Pengembangan yang menghasilkan model pembelajaran berbasis riset Otak dalam memahami konsep Teorema Phitagoras yang sintaksnya adalah a) pendahuluan, b) kegiatan inti meliputi (i) fase pemberian masalah, (ii) fase investigasi, (iii) fase diskusi kelompok, (iv) fase diskusi kelas, (v) fase penerapan, c) penutup. Desain pengembangan menurut Plomp (1999), terdiri dari lima fase, yaitu : investigasi awal, perancangan / design, konstrusi / realisasi, tes, evaluasi & revisi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Alkarim Kota Bengkulu tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) dari hasil uji coba yang dilakukan sebanyak 2 kali yang merupakan uji coba terbatas pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semua aspek yang ditentukan untuk menyatakan bahwa model pembelajaran dan semua perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah praktis dan efektif sudah dipenuhi maka siklus pengembangan untuk mendapatkan model pembelajaran yang praktis dan efektif telah berakhir..Tetapi walaupun semua kriteria terpenuhi, ada beberapa revisi yang harus dilakukan untuk mendapatkan Prototipe final.Revisi yang dilakukan terkait terhadap penggunaan bahasa pada buku model dan lembar kegiatan siswa. Setelah revisi dilakukan, diperoleh Prototipe final, yaitu Model Pembelajaran Matematika Berbasis riset otak yang valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 13 Nov 2014 08:25
Last Modified: 13 Nov 2014 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9661

Actions (login required)

View Item View Item