PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Yuleni, Elfa and Hartanto, Hartanto and Rosane , Medriarti (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14,elv.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-elv.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika dan komunikasi matematika pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional di sekolah menengah atas. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Mukomuko. Uji hipotesis kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemampuan komunikasi matematika siswa menggunakan uji t-tes. Hasil penelitian untuk kemampuan pemahaman konsep menunjukkan bahwa nilai sig (2- taled) = 0,001 < 0,05 berarti ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional serta menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa lebih baik jika diajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil untuk kemampuan komunikasi matematika menunjukkan bahwa nilai sig (2-taled) = 0,000 < 0,05 berarti ada perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional serta menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa lebih baik jika diajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 13 Nov 2014 08:43
Last Modified: 13 Nov 2014 08:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9662

Actions (login required)

View Item View Item