PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PEMECAHAN MASALAH (LINGKARAN) DAN SIKAP SISWA

Syafri, Fatrima Santri and Hartanto, Hartanto and Ilham , Abdullah (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PEMECAHAN MASALAH (LINGKARAN) DAN SIKAP SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis )
IV,V,LAMP,II-14-fat.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-fat.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Contextual Teaching Learning Berbasis Pendidikan Karakter dan pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui adanya pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning Berbasis Pendidikan Karakter terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment desaign dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII dari SMPN 19 dan SMPN 20 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan angket siswa terhadap pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kedua sekolah tersebut mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata 59,67 ke 97,27 dan 60,03 ke 99,06 dengah persentase pengaruh sebesar 61,4% dan 51%, sedangkan untuk sikap siswa mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata 59,48 ke 80,23 dan 60,73 ke 80,27 dengan persentase pengaruh sebesar 62,1% dan 54,2% artinya pembelajaran contextual teaching learning berbasis pendidikan karakter yang diberikan mempengaruhi pemecahan masalah matematika siswa sebesar 61,4% dan 51% serta sikap siswa terhadap matematika sebesar 62,1% dan 54,2%. Berdasarkan hasil yang tersebut di atas terdapat perbedaan sikap siswa terhadap matematika dan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran contextual teaching learning berbasis pendidikan karakter dan diajarkan konvensional. Terdapat pengaruh antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika. Semakin baik sikap siswa terhadap pembelajaran matematika, maka semakin baik pula kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 13 Nov 2014 08:59
Last Modified: 13 Nov 2014 08:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9663

Actions (login required)

View Item View Item