PERBANDINGAN ANTARA PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DILIHAT DARI ASPEK PENALARAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Luthfiana, Maria and Saleh , Haji and Hartanto, Hartanto (2014) PERBANDINGAN ANTARA PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DILIHAT DARI ASPEK PENALARAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-mar.FK.pdf - Additional Metadata
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-mar.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan kemampuan penalaran matematika antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran penemuan terbimbing dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran lansung, 2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran penemuan terbimbing dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran lansung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N Jayaloka, msirawas. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling, sehingga diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajarannya dilaksanakan dengan pembelajaran penemuan terbimbing sedangkan kelas kontrol pdilaksanakan dengan pembelajaran Langsung. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji Sudent t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika antara siswa yang diajarkan dengan penemuan terbimbing dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran lansung, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 84.22 sedangkan rata-rata kelas kontrol 69,22. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran penemuan terbimbing dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 80,94 sedangkan rata-rata kelas kontrol 65,16. Dengan demikian diharapkan pembelajaran penemuan terbimbing dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 14 Nov 2014 01:27
Last Modified: 14 Nov 2014 01:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9666

Actions (login required)

View Item View Item