PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFMENCARI PASANGAN DENGANBERMAIN KARTU ANGKA DI TK SATU ATAP SDN 65 KOTA BENGKULU

Erna, Deta and Wachidi, Wachidi and Bambang, Sahono (2014) PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFMENCARI PASANGAN DENGANBERMAIN KARTU ANGKA DI TK SATU ATAP SDN 65 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-det-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-det-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangankemampuan kognitif anak melalui model pembelajaran kooperatifmencari pasangan dengan bermain kartu angka pada anak kelas B2 TK Satu Atap SDN 65 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan melakukan tiga siklus sebagai upaya menambah metode pembelajaran yang optimal kemudian dilanjutkan dengan uji efektifitas pada siklus, subyek penelitian adalah kelas B2 yang terdiri dari 15 anak di TK Satu Atap SDN 65 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan bermain kartu angka pada anak terbukti Pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan belajar 54%, pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar 76%. Pada siklus III mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar 84%. Oleh karena target yang ditentukan ≤75%, maka indentifikasi analisis kemampuan anak memperoleh hasil yang diharapkan. hasil t-tes siklus 1 yaitu t-hitung 2,18 lebih kecil dari t-tabel 4,140 dengan demikian terdapat perbedaan yang sigifikan antara hasil belajar pada siklus 2. Pada siklus 2 hasil t-tes yaitu t- hitung 1,57 lebih kecil dari t-tabel 4,140. dengan demikian terdapat perbedaan yang sigifikan antara hasil siklus 1 dan siklus 2, adanya perbedahan yang sigifikan pula antar siklus 2, dan siklus 3. Bedasarkan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan bermain kartu angka dapat diaplikasihkan dengan efektif pada kelas lainnya dan memberikan harapan strategi tersebut dapat diterapkan pada pengemangan kemampuan yang lainnya di TK Satu Atap SDN 65 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 14 Nov 2014 01:26
Last Modified: 14 Nov 2014 01:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9668

Actions (login required)

View Item View Item