MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA IQRO’ DAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PERMAINAN BOWLING HURUF HIJAIYAH

Hadi, Winarto and Nina, Kurniah (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA IQRO’ DAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PERMAINAN BOWLING HURUF HIJAIYAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-dwi-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-dwi-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, dapat Mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan Membaca Iqro‟ dan Kemandirian Anak Melalui Permainan Bowling Huruf Hijaiyah.Jenis penelitian yang dilakukan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yaitu setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, unjuk kerja, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji t (dua sampel berpasangan). Melalui permainan bowling huruf hijaiyah, dapat meningkatkan kemampuan membaca iqro‟ yaitu meliputi: (1) Mengenal huruf hijaiyah (2) Mampu mengucap makhroj huruf dengan tepat (3) Mampu membaca huruf hijaiyah sesuai dengan tanda baca (4) Mampu membaca rangkaian huruf hijaiyah. Dan kemandirian meliputi: (A) Belajar huruf hijaiyah berdasarkan kemauan sendiri (B) Menunjukan rasa percaya diri pada saat bertanya atau pun menjawab pertanyaan (C) Dapat menunjukan rasa tanggung perubahan kearah yang lebih baik dari proses pembelajaran yang anak lakukan sendiri. (D) Dapat menunju kan rasa tanggung jawabnya saat menyelesaikan tugas yang diberikan. Dari hasil uji t pada siklus 1diperoleh thitung sebesar 6,941 artinya ttabel pada signifikansi 95% atau 0,05% dengan dk 19 sebesar 3,883 merupakan perbedaan yang berarti atau yang signifikan. Dan hasil uji t pada siklus 2 diperoleh thitung sebesar 8,603 artinya ttabel pada signifikansi 95% atau 0,05% dengan dk 19 sebesar 3,883 merupakan perbedaan yang berarti atau yang signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 14 Nov 2014 01:29
Last Modified: 14 Nov 2014 01:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9669

Actions (login required)

View Item View Item