Utaminingsih , Endang and Alexon, Alexon and Nina, Kurniah (2014) IMPLEMENTASI PELATIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-end-FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
|
Archive (Thesis)
IV,LAMP,I-14-end-FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan guru dalam implementasi pelatihan strategi pembelajaran kolaboratif dalam mengembangkan bahasa AUD. (2) mendekripsikan implementasi pelatihan strategi pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru mengembangkan bahasa AUD di PAUD IT Al Ikhlas Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindak Sekolah (PTS) dengan tiga siklus, di mana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian 4 orang guru, 8 anak kelompok umur 4-5 tahun dan 8 anak kelompok umur 5-6 tahun. Penelitian mengukur bahwa guru melalui pelatihan siklus I pre test rerata 1,75 persentase 43,75%, interval di bawah 55%, kategori kurang dan hasil pos test rerata 4 persentase 100%, interval 85%-100%, kategori baik sekali. Hasil observasi guru praktek pembelajaran siklus I rerata 22,325 (58,125%), interval 55%-69%, kategori cukup, dan hasil siklus II rerata 3,325 (83,125%), interval 70%-84%,kategori baik. Hasil observasi perkembangan bahasa AUD kelompok umur 4-5 tahun pertemuan I rerata 1,35 (33,75%), interval di bawah 55%, kategori (bintang satu) anak belum berkembang (BB), hasil pertemuan II rerata 3,2 (80%), interval 70%-84%, kategori (bintang tiga) anak sudah berkembang sesuai dengan harapan (BSH).Hasil observasi perkembangan bahasa AUD kelompok umur 5-6 tahun pertemuan I rerata 1,325 (33,125%) interval kurang 55%, kategori (bintang satu) anak belum berkembang (BB), hasil pertemuan II rerata 3,225 (80,625%), interval 70%-84% kategori (bintang tiga) anak sudah berkembang sesuai dengan harapan (BSH). Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa implementasi pelatian strategi pembelajaran kolaboratif dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan guru dan mengembangkan bahasa AUD di PAUD IT Al Ikhlas Kepahiang. Serta dengan memperhatikan kondisi PAUD dan karakteristik dari masing-masing guru dan anak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 14 Nov 2014 01:34 |
Last Modified: | 14 Nov 2014 01:34 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9671 |
Actions (login required)
View Item |