IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA

Haulan , Haulan and Riyanto, Riyanto and Alexon, Alexon (2014) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,I-14-hau-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VLAMP,I-14-hau-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran kooperatif model group investigation berbantuan multimedia dapat meningkatkan kerja sama siswa, 2) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran kooperatif model group investigation berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 3) Mendeskripsikan efektivitas implementasi pembelajaran kooperatif model group investigation berbantuan multimedia terhadap hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode Mixed Methods Research (metode penelitian campuran) yang merupakan gabungan antara penelitian tidakan kelas dengan kuasi eksperimen. Pengambilan data melalui pengamatan terhadap jalanya proses pembelajaran di kelas melalui observasi dan tes hasil belajar data tersebut kemudian dianalisis melalui tahapan dalam siklus tindakan diolah dengan menggunakan persentase keberhasilan siswa secara klasikal.Hasil analisis deskriptif ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaraan kooperatif model group investigation dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar biologi siswa di SMA Plus Negeri 7 Bengkulu yang dibuktikan dengan hasil observasi kerja sama siswa siklus I, II, dan III dari rendah menjadi sedang, dari sedang menjadi tinggi, dan dari tinggi menjadi sangat tinggi. Demikian juga dengan hasil belajar siswa terjadi peningkatan setiap siklus. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 73,05 (61,76%), siklus II sebesar 78,32 (94,12%), dan siklus III sebesar 83,08 (100%).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 14 Nov 2014 01:43
Last Modified: 14 Nov 2014 01:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9673

Actions (login required)

View Item View Item