PENGEMBANGAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBANTUAN MEDIA COMPACT DISC(CD) INTERAKTIF DIPAUD MUSLIFA KOTA BENGKULU

Azona, Melfi and Wachidi, Wachidi and Nina, Kurniah (2014) PENGEMBANGAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBANTUAN MEDIA COMPACT DISC(CD) INTERAKTIF DIPAUD MUSLIFA KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-mel-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-mel-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan logika matematika dalam pembelajaran anak usia dini berbantuan Compact Disc (CD) Interaktif di Paud Muslifa Kota Bengkulu. Rumusan masalah adalah bagaimana mengembangkan kecerdasan logika matematika dengan menggunakan media Compact Disc (CD) Interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 4 siklus setiap siklus 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi hasil aktifitas anak pada kemampuan membilang dan mengenal angka dengan menggunakan media Compact Disc (CD) interaktif. Analisis Data yang digunakan adalah presentase dan Ttest. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sebelum dilakukan tindakan dalam hal mengenal angka anak PAUD Muslifa dalam pembelajaran mengenal angka 1-10 masih belum memuaskan mereka hanya hafal angka 1-10 namun tidak mengetahui bentuk bilangan tersebut, setelah diberi tindakan menggunakan Compact Disc (CD) Interaktif mengenal angka maka dapat dilihat peningkatan yaitu pada siklus I menunjukkan presentase ketuntasan belajar 46,2 pada siklus ke II dengan presentase ketuntasan belajar 65 . Pada siklus ke III mengalami peningkatan dengan presentase 78 , siklus ke IV terjadi peningkatan sebanyak 90 oleh karena target yang ditentukan 90-100 , maka analisis kemampuan anak memperoleh hasil yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 14 Nov 2014 03:42
Last Modified: 14 Nov 2014 03:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9679

Actions (login required)

View Item View Item