PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI BANK RAKYAT INDONESIA CABANG LUBUK LINGGAU

Veranita , Veranita and Retno , Agustina Ekaputri and Nasution, Nasution (2014) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI BANK RAKYAT INDONESIA CABANG LUBUK LINGGAU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ver.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ver.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Dalam suatu sistem operasi perusahaan, potensi sumber daya manusia pada hakekatnya merupakan salah satu modal dan memegang suatu peran yang paling penting dalam mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu perusahaan perlu mengelola sumber daya manusia sebaik mungkin. Melalui perencanaan sumber daya manusia yang matang, prestasi kerja dari karyawan dapat ditingkatkan. Prestasi kerja sangat erat hubungannya dengan produktivitas kerja karyawan. Prestasi kerja yang tinggi akan meningkatkan produktivitas perusahaan, menurunkan tingkat keluar masuk karyawan (turn over), serta memantapkan manajemen perusahaan. Menurut Handoko (2013:193) ―Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi kerja adalah motivasi, kepuasan kerja, tingkat stress, kondisi fisik pekerjaan, sistem kompensasi dan desain pekerjaan‖. Menurut Robbins dalam Hasibuan (2011) mengemukakan motivasi adalah suatu keadaan untuk berusaha seoptimal mungkin dalam pencapaian tujuan organisasi yang dipengaruhi kemampuan usaha untuk memuaskan beberapa kebutuhan individu. Dan menurut Handoko (2013:193) bahwa kepuasan kerja adalah keadaan emosional yang menyenangkan atau tidak menyenangkan dimana para karyawan memandang pekerjaan mereka. Salah satu faktor yang menunjang perkembangan di bidang perbankan adalah terselenggaranya mekanisme kerja karyawan yang sesuai dengan standar operasional perusahaan. Namun kenyataannya dari beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja karyawan bank belum optimal dalam memenuhi harapan nasabah. Bank Rakyat Indonesia yang merupakan salah satu bank pemerintah juga harus mempertahankan konsistensi mereka dibidang perbankan dan pengoptimalan dalam bidang pelayanan terhadap nasabah, oleh sebab itu Bank Rakyat Indonesia juga harus mengoptimalkan Prestasi Kerja Karyawan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan di Bank Rakyat Indonesia Cabang Lubuk Linggau, yang berjumlah 58 orang. Yang terdiri dari Pimpinan Cabang, Fungsi Bisnis, Fungsi Pemasaran, Fungsi Operasional, Back Office, Customer Service, Teller, Pekerja Dasar. Objek penelitian adalah seluruh populasi dengan menggunakan sistem sensus. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Data primer diperoleh dengan cara menyebarkan daftar pertanyaan yang berhubungan dengan penelitian, baik melalui kuesioner maupun wawancara. Metode analisis yang digunakan penulis adalah Regresi Linier Berganda dengan terlebih dahulu melakukan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas terhadap butir-butir pertanyaan responden. Dari hasil penelitian dan kemudian dilakukan perhitungan maka diperoleh persamaan regresi berganda untuk Prestasi Kerja adalah : Y = 10,580 + 0.242 X1 + 0,273 X2. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa variabel motivasi dan kepuasan kerja secara parsial maupun simultan terbukti memiliki pengaruh terhadap prestasi kerja. Hal ini ditunjukkan dari Variabel motivasi kerja secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel prestasi kerja, dengan nilai signifikansinya yaitu 0,014 atau lebih kecil dari α =0,05. Dan variabel kepuasan kerja secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel prestasi kerja, dengan nilai signifikansinya yaitu 0,029 lebih kecil dari α =0,05. Begitu pula dengan pengaruh secara simultan. Hal ini ditunjukkan dari F-hitung yang lebih besar dari F-tabel (5.738>3.168) dan nilai signifikansinya yaitu, 0,006 atau kurang dari α =0,05. Ini berarti bahwa semakin baik motivasi kerja dan kepuasan kerja karyawan Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Lubuk Linggau, maka akan mempengaruhi peningkatan prestasi kerja yang dihasilkan di Bank Rakyat Indonesia Cabang Lubuk Linggau. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum prestasi kerja di Bank Rakyat Indonesia Cabang Lubuk Linggau telah baik namun perlu ditingkatkan, terutama untuk indikator- indikator yang skornya dibawah skor indikator lain. Dari kesimpulan yang didapat maka dapat disarankan kepada para karyawan dan pimpinan cabang BRI Cabang Lubuk Linggau agar prestasi kerja yang telah dicapai dapat ditingkatkan lagi, oleh sebab itu pimpinan cabang selalu memotivasi dan memperhatikan kepuasan kerja karyawan supaya prestasi kerja dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 14 Nov 2014 04:06
Last Modified: 14 Nov 2014 04:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9682

Actions (login required)

View Item View Item