ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA MEREK LEMBAGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN LEMBAGA PENDIDIKAN BP2K “SURYAFARMA HUSADA” BENGKULU (STUDI KASUS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BP2K “SURYAFARMA HUSADA” BENGKULU)

Shar, Aan and Effed , Darta Hadi and Seprianti , Eka Putri (2014) ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA MEREK LEMBAGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN LEMBAGA PENDIDIKAN BP2K “SURYAFARMA HUSADA” BENGKULU (STUDI KASUS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BP2K “SURYAFARMA HUSADA” BENGKULU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,II-14-aan.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (575kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-aan.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (411kB)

Abstract

Pada dasarnya persaingan bisnis terutama di bidang pendidikan yang semakin ketat secara tidak langsung akan mempengaruhi suatu lembaga pendidikan dalam mempertahankan pangsa pasar. Semakin banyak pesaing, maka semakin banyak pula pilihan bagi konsumen untuk dapat memilih lembaga pendidikan yang dapat memenuhi harapannya. Dengan demikian, suatu lembaga pendidikan harus memiliki strategi untuk memenuhi kepuasan konsumennya. Salah satu cara untuk meraih keunggulan kompetisi dalam memenuhi kepuasan konsumen adalah dengan memiliki kualitas layanan dan membentuk citra merek lembaga yang baik. Lembaga pendidikan BP2K “Suryafarma Husada” Bengkulu merupakan salah satu lembaga pendidikan kesehatan di Provinsi Bengkulu, dimana penciptaan kepuasan konsumen akan sangat dituntut guna memiliki keunggulan dalam bersaing dengan lembaga pendidikan kesehatan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas layanan dan citra merek lembaga terhadap kepuasan konsumen lembaga pendidikan BP2K “Suryafarma Husada” Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu fenomena tertentu. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Sebagai penunjang dimanfaatkan data sekunder yang diperoleh berupa informasi dan data dan laporan, referensi serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa dan alumni lembaga pendidikan BP2K “Suryafarma Husada” Bengkulu yang berjumlah 212 orang. Metode pengambilan sampel digunakan adalah accidental and snowball sampling . Metode analisis data digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil bahwa: 1). Nilai probabilitas (sig.) 0.000 < alpha 0.05, yang berarti bahwa variabel kualitas layanan dan citra merek lembaga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen lembaga pendidikan BP2K “Suryafarma Husada” Bengkulu; 2). Probabilitas (sig.) 0.001 < alpha 0.05, yang bearti bahwa secara parsial variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen lembaga pendidikan BP2K “Suryafarma Husada” Bengkulu; dan 3). Probabilitas (sig.) 0.015 < alpha 0.05, yang bearti bahwa secara parsial variabel citra merek lembaga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen lembaga pendidikan BP2K “Suryafarma Husada” Bengkulu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 17 Nov 2014 09:22
Last Modified: 17 Nov 2014 09:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9696

Actions (login required)

View Item View Item