ANALISIS AKTIVITAS PEMASARAN USAHA KECIL DAN MENENGAH BATIK BESUREK DENGAN MODEL CARSON DI KOTA BENGKULU

Irdam, Amalia Rahayu and Darmansyah, Darmansyah and Sularsih , Anggarawati (2014) ANALISIS AKTIVITAS PEMASARAN USAHA KECIL DAN MENENGAH BATIK BESUREK DENGAN MODEL CARSON DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ama.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,II-14-ama.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Seiring dengan waktu, peran Usaha Kecil Menengah (UKM) semakin menjadi lebih penting dalam perkembangan ekonomi di dalam negeri karena dampak mereka dalam lapangan kerja dan Produk Domestik Bruto (PDB). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model pemasaran eksternal dan internal pada Usaha Kecil Menengah Batik Besurek menurut Carson di Kota Bengkulu. Kerangka analisis yang dikaji dalam penelitian ini mengaju pada penelitian Carson (1998). Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif, dengan jenis data primer yang didapat langsung dari pemilik UKM Batik Besurek di Kota Bengkulu .Penelitian dilakukan terhadap 20 UKM Batik Besurek Bengkulu yang dijadikan sebagai sampel penelitian yang diambil berdasarkan metode multiple case. Hasil analisa menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran yang bersifat eksternal, seperti : Market Knowledge, Competitor, Custumer, Market Information, Siginificant Event, Competitive Advantage, termasuk pada level Non Marketing. Pada faktor yang bersifat internal, seperti : Promotion , Price, After Sales Service, Product, Distribution, Positioning, Spesific Competitor telah termasuk dalam tingkat aktivitas Implicit Marketing. Dari hasil penelitian disarankan kepada objek penelitian, memperhatikan pelanggan (custumer) karena memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan akan sangat bermanfaat bagi berkembangnya Usaha itu sendiri, karena mempertahankan pelanggan lebih efisien dari pada mencari pelanggan baru.Pemilik UKM Batik Besurek di Bengkulu harus tetap meningkatkan aktivitas pemasarannya secara berkesinambungan terutama pada indikator setiap variabel yang masih rendah dengan cara mengkuti pelatihan dan mengikuti expo sebagai peningkatan pengetahuan akan pasar, seperti custumer, trend, relationship, loyalty, dll untuk dapat mejadi Market Leader. Dengan megikuti pelatihan pelatihan dan mengikuti expo sebagai peningkatan pengetahuan akan pasar dengan demikian UKM dapat mengembangkan usahanya dengan maksimal agar selalu bisa bertahan dalam lingkungan persaingan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 17 Nov 2014 09:52
Last Modified: 17 Nov 2014 09:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9700

Actions (login required)

View Item View Item