Adriansah, Fauzan and Syaiful , Anwar and Syamsul , Bachri (2014) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS BASUKI RAHMAD KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-fau.FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (297kB) |
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-fau.FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (434kB) |
Abstract
Wujud dari pembangunan kesehatan di Indonesia tercermin dari penyelenggaraan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di tingkat dasar yaitu melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang merupakan unit organisasi fungsional Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota dan diberi tanggung jawab sebagai pengelola kesehatan bagi masyarakat tiap wilayah kecamatan dari kabupaten/ kota bersangkutan. Tentunya dalam hal ini pelayanan kesehatan dapat dilihat dari kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh penyelengara pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Puskesmas Basuki Rahmad Kota Bengkulu merupakan salah satu pusat kesehatan masyarakat yang menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dimana kualitas pelayanan kesehatan terbaik yang diberikan akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Basuki Rahmad Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yang merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu fenomena tertentu. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Sebagai penunjang dimanfaatkan data sekunder yang diperoleh berupa informasi dan data dan laporan, referensi serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Populasi dalam penelitian adalah pasien/ keluarga pasien yang menggunakan jasa pelayanan kesehatan pada Puskesmas Basuki Rahmad Kota Bengkulu, tenaga medis dan petugas administrasi Puskesmas Basuki Rahmad Kota Bengkulu. Metode pengambilan sampel digunakan porpusive sampling dengan jumlah sampel yang berhasil diperoleh sebanyak 104 orang responden. Metode analisis data digunakan adalah analisis deskriptif dengan bantuan tabel distribusi frekuensi, rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil bahwa: kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Basuki Rahmad Kota Bengkulu sudah baik. Kondisi ini berarti bahwa pasien/ keluarga pasien telah merasa puas terhadap kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Basuki Rahmad Kota Bengkulu yang meliputi keandalan (reliability) , bukti fisik (tangibles) , daya tanggap (responsiveness) , jaminan (assurance) , dan empati (empathy) .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 023 Dody Sahdani |
Date Deposited: | 17 Nov 2014 14:55 |
Last Modified: | 17 Nov 2014 14:55 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9724 |
Actions (login required)
View Item |